Menjelajah Bumi

Staycation di Sekitar Bogor yuk!

Tinggal di kota membuat orang mudah merasa jenuh. Padatnya lingkungan, aktivitas, kemacetan, serta kesibukan yang seperti tak ada habisnya, akhirnya menjadi alasan warga kota untuk mengambil jeda sejenak. Salah satunya dengan refreshing melalui kegiatan yang disebut staycation. Nah karena itu, kali ini, yuk kita staycation di sekitar Bogor.

staycation (n): a holiday that you take at home or near your home rather than travelling to another place.

Sebuah istilah yang semakin populer belakangan ini. Jika dicek dari laman cambridge.org, staycation berarti berlibur hanya di rumah atau sekitar rumah saja. Bagi teman-teman yang berdomisili di sekitar Jakarta, maka tempat pilihan untuk staycation yang tepat adalah seputar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Cek di bawah yuk beberapa hotel, resort, dan penginapan yang cocok untuk staycation di sekitar Bogor.

Royal Tulip Golf Resort, Gunung Geulis

Tempat yang satu ini lokasinya sangat mudah dicapai oleh warga Jakarta loh. Teman-teman bisa langsung meluncur masuk tol Jagorawi yang mengarah ke Bogor dan keluar di pintu tol Sukaraja (exit 42). Selanjutnya, silakan menuju ke dalam perumahan Sumarecon Bogor tepatnya di Jl Raya Golf Gunung Geulis. Yup, Royal Tulip ini memang berupa resort yang terintegrasi dengan lapangan Golf Gunung Geulis, Megamendung. Lokasinya relatif sunyi, tenang, dan dikelilingi perbukitan hijau yang indah. Sangat sesuai bagi yang ingin merasakan hawa dataran tinggi tanpa harus berjam-jam keluar menjauh dari Jakarta.

Royal Tulip Gunung Geulis, salah satu tempat staycation di sekitar Bogor.
Royal Tulip Gunung Geulis (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Resort ini memiliki bangunan utama bergaya minimalis dengan kombinasi warna putih dan abu-abu khas bebatuan alam. Dengan status bintang limanya, tentu lengkapnya fasilitas yang tersedia sudah bisa dibayangkan ya. Kamar-kamar yang cukup luas, resto dan cafe, kolam renang, gym, dan tempat bermain anak adalah beberapa di antaranya.

Pemandangan dari salah satu kamar di Royal Tulip Gunung Geulis.
Pemandangan dari salah satu kamar di Royal Tulip Gunung Geulis. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Yang unggul di sini tentu kamar-kamar dengan pemandangan yang menghadap langsung ke area bukit. Cantik dan sejuk sekali suasananya. Selain itu, fasilitas bermain untuk anaknya pun terbilang banyak dan menyenangkan. Area untuk outbound seperti flying fox dan tree hopping, tak lupa tempat bermain anak seperti mini wall climbing, perosotan, dan jungkat jungkit, disediakan di sini. Maka ketika para ayah bermain golf, anak-anak tentu tetap bisa senang menjelajah di sekitar area resort Royal Tulip Gunung Geulis.

Sebagian dari area playground anak di Royal Tulip Gunung Geulis. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Grand Savero Hotel

Hotel yang satu ini letaknya memang di salah satu jalan protokol kota Bogor, tepatnya di Jalan Pajajaran No. 27. Namun karena letaknya yang strategis inilah, hotel ini cocok sekali untuk menginap bagi teman-teman yang memang ingin menjelajah kota Bogor. Oh iya, Grand Savero ini juga tepat berseberangan dengan Kebun Raya Bogor loh. Kebun botani di Bogor, rumah bagi ribuan flora yang memang menjadi salah satu ciri khas kota ini.

Grand Savero Hotel sendiri merupakan hotel bintang 4. Memiliki desain arsitektur bergaya klasik, bangunan ini didominasi warna putih, lantai marmer, dan pilar-pilar tinggi di segala sudut. Tema desain klasik ini juga bisa ditemukan di dalam lobi yang berisikan kursi-kursi tinggi bergaya ala kerajaan Eropa. Tak lupa kamar yang dilengkapi dengan kasur dan gordyn menjuntai berlapis-lapis. Cantik sekali untuk dijadikan tempat berfoto.

Grand Savero, hotel di salah satu jalan protokol kota Bogor.
Kolam Renang di Grand Savero dan Elemen yang ada di salah satu kamar hotel. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Selain desainnya yang memang unik, hotel ini tentu dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, resto, dan gym. Jika teman-teman ingin berjalan-jalan, maka cukup menelusuri kanan kiri hotel, berbagai macam tempat hiburan mulai dari mall hingga berbagai macam restoran pun bisa ditemukan.

Bogor Icon Hotel & Convention

Terletak di area yang cukup padat pinggiran kota Bogor, Jalan Sholeh Iskandar, hotel yang satu ini merupakan sebuah kompleks hotel dan apartemen. Terdiri dari beberapa tower bangunan, desain hotel ini cukup minimalis namun tetap dilengkapi aksen-aksen unik dan modern kekinian. Seperti gantungan yang terlihat pada area lobi di bawah.

Lobi & Restoran di Bogor Icon Hotel (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Fasilitasnya cukup lengkap, kolam renang anak dan dewasa yang dikelilingi tower bangunan, sebuah gym kecil, dan restoran ada di hotel ini. Namun memang untuk menjangkau ke tempat hiburan sepertinya teman-teman akan membutuhkan kendaraan, karena di kanan kiri hotel, lebih banyak terlihat area pertokoan dan bisnis. Oh iya, lokasi Bogor Icon ini juga dekat ke area playground Houbii adventure park itu loh.

Suasana di sekitar kolam renang, Bogor Icon (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Baca Juga: Trip Seru Keluarga ke Darajat Pass, Garut

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa and Convention

Resort yang satu ini berada di Gadog, Puncak. Lokasinya pun terlihat langsung dari jalan raya. Pullman Ciawi Vimala Hills yang berbintang lima ini memang terkenal karena fasilitasnya yang super lengkap dengan view yang cantik. Jaraknya yang tak sampai dengan 1 jam dari Jakarta membuat tempat ini cukup populer di kalangan warga Jakarta.

Bentuk resort yang satu ini memang megah dan luas. Terdiri dari beberapa blok bangunan dan villa-villa kecil yang tersusun cantik, resort ini memiliki lanskap khas Puncak yang bertingkat-tingkat. Tampak juga birunya kolam renang yang tersebar di beberapa area resort. Anak-anak tentu akan betah mengeksplorasi area ini. Kids club, activities center seperti go-kart, ATV, restoran serta masakannya yang lezat, dan panorama yang indah menjadi kelebihan resort ini. Teman-teman bisa cek selengkapnya melalui akun instagram Pullman Ciawi Vimala Hills ya.

Staycation Bijak dan Tetap Bahagia

Sebenarnya masih banyak ya hotel, resort, atau penginapan untuk staycation di sekitar Bogor. Namun sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, ingat untuk juga mempertimbangkan beberapa hal di bawah agar liburan tenang ya.

  • Pastikan tempat staycation sesuai dengan budget yang tersedia saat ini. Atur prioritas sebelum memutuskan untuk pergi berlibur. Jangan sampai ketika pulang berlibur, hati malah menjadi galau karena dana untuk kebutuhan primer terpakai liburan hehehe. Saya sendiri selama ini lebih banyak menggunakan aplikasi Agoda untuk booking tempat-tempat staycation incaran.
  • Perhatikan lokasi di sekitar tempat menginap. Sempatkan untuk mengunjungi 1 atau 2 tempat-tempat menarik seperti resto atau warung makan yang enak untuk dicoba, museum, area bermain outdoor, dan lainnya.
  • Usahakan untuk membawa perlengkapan berlibur sesuai kebutuhan. Contoh: pakaian dan kacamata renang untuk anak, snack, dan lain sebagainya. Waktu berlibur pun akan menjadi lebih efisien termanfaatkan dengan persiapan yang matang.

Nah, kalau teman-teman, ada referensi hotel, resort, atau penginapan apa nih di sekitar Bogor? Cerita yuk di bawah!

18 thoughts on “Staycation di Sekitar Bogor yuk!

  1. Pernah staycation di Bogor dengan teman-teman kantor
    Staycation di Bogor memang tidak mengecewakan, udara yang sejuk, pemandangan yang menyegarkan mata, dan pastinya kulinernya yang memanjakan lidah

  2. Viewnya menarik, paket lengkap semua ada. Plus bonus udara sejuk pula ya mba… Sayangnya tempat tinggal saya jauh kali dari Bogor. Andai dekat, bisa jadi referensi staycation bersama keluarga kecil nih..

  3. Pingin banget ngerasain yang namanya staycation termasuk di Bogor. Asli udaranya enak. Tapi ada nggak ya hotel yang menyediakan toilet jongkok. Wkkk..efek pak su dan anak-anak ngga suka model toilet duduk..

  4. Asyik ada rekomendasi hotel, resort, atau penginapan untuk staycation di sekitar Bogor. Bisa nih disambangi lain hari/
    Setuju sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, mempertimbangkan beberapa hal agar liburan aman dan nyaman

  5. Wah, seru banget kolam di Grand Savero Hotel indoor yaa..
    Jadi gak pengaruh mau panas atau hujan, bisa renang kapan aja dan enak gak kena angin yang berlebihan.
    Anak-anak seneng banget kalau staycation ke daerah dataran tinggi. Suasana alam yang memanjakan mata dan bikin fresh~

Leave a Reply

Your email address will not be published.