Wellington, New Zealand
Menjelajah Bumi

Daftar Negara Impian yang Layak Dikunjungi

Berkelana ke berbagai sudut dunia selalu menjadi hal yang diimpikan banyak orang, termasuk saya. Selain membuka wawasan, tentu banyak pengetahuan yang bisa diambil dari menyaksikan beragam budaya bangsa yang ada di bumi ini. Sejarah peradaban hingga kecanggihan teknologi yang berkembang akan sangat menarik untuk dipelajari.

Dari 195 jumlah negara yang saat ini diakui PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), tentu ada saja negara-negara impian yang sangat ingin kita kunjungi, bukan? Beberapa alasan seperti perbedaan iklim, suasana, ataupun pemandangan menjadi pendorong semangat untuk berkunjung. Masyarakat dari negara tropis contohnya, tentu mendambakan untuk dapat singgah di negara yang bersalju. Atau sebaliknya, masyarakat negara 4 musim justru bermimpi untuk dapat hidup di negara atau daerah tropis seperti Indonesia.

Destinasi impian orang mungkin saja berbeda, tetapi melalui tulisan ini saya akan coba berbagi beberapa daftar negara impian saya yang menarik untuk dihampiri.

1. Arab Saudi (Saudi Arabia)

Alasan mengapa Arab Saudi menjadi negara tujuan pilihan tentu sudah tak asing lagi. Siapa juga yang tak ingin berada dekat-dekat dengan dua kota suci umat muslim yang sangat dimuliakan, Mekah dan Madinah.

Pelataran Masjidil Haram, Mekkah (Sumber: Azahar photography – Getty Images)

Mekkah adalah tempat di mana Masjidil Haram dengan Kabah berada di dalamnya berada, kiblat bagi umat muslim. Sebagai Masjid tersibuk di dunia, terlebih lagi jika musim Haji tiba, maka puluhan juta umat muslim pun berkumpul di sini untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5. Hal ini membuat kota Mekkah menjadi tempat yang penuh dengan nuansa spiritual dan selalu meninggalkan kesan mendalam.

Selain Mekkah, Madinah tentu juga menjadi kota tujuan saat berada di Arab Saudi. Masjid Nabawi yang ada di kota ini menjadi Masjid yang juga sangat dicintai umat muslim. Tempat di mana makam Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam berada dan merupakan Masjid yang juga diutamakan selain Masjidil Haram. Hal ini tentu membuat kota Madinah menjadi kota yang senantiasa dirindukan umat muslim.

Pelataran Masjid Nabawi, Madinah
Pelataran Masjid Nabawi, Madinah (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Selain kedua kota di atas, tentu masih banyak lagi tempat lain yang juga menjadi alasan mengapa Arab Saudi wajib dikunjungi bagi umat muslim. Berbagai tempat-tempat bersejarah ada di sini. Pergi menapaktilasi berbagai tempat tersebut umumnya akan selalu membawa perasaan haru tersendiri.

Baca juga: Menuju Baitullah bersama Anak-Anak

2. Selandia Baru (New Zealand)

Pemandangan alam cantik menjadi salah satu alasan mengapa Selandia Baru sering menjadi negara impian untuk dikunjungi.
Cantiknya pemandangan alam di Selandia Baru (Sumber: Travelinglight – Getty Images Pro)

Negara yang terletak di Barat Daya Samudera Pasifik dan memiliki 2 pulau utama ini dikelilingi dengan banyak pemandangan indah. New Zealand atau Selandia Baru juga dinobatkan menjadi Most Desirable Country dari Wanderlust pada tahun 2022 lalu berdasarkan hasil polling pembacanya. Selain itu, jika teman-teman pernah mendengar tentang nama Hobbiton, yup, Selandia Baru ternyata memang menjadi tempat pembuatan film Lord of The Rings yang fenomenal itu. Panorama cantik yang banyak terlihat di latar saat Frodo dan Samwise berkeliling mencari sang cincin kembar bisa ditemukan di sini.

Hobbiton, New Zealand
Hobbiton, Selandia Baru (New Zealand) – Tempat pengambilan film Lord of the Rings (Sumber: Christine Gorospe Pulanco’s images – Canva Pro)

Dua kota yang sering didengar di New Zealand tentu Wellington (ibukota) dan Auckland, sebagai kota terbesar dan terpadat di sana. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang belum terlalu besar, Selandia Baru selalu menjadi negara yang cocok untuk tempat berwisata alam. Beberapa tempat yang direkomendasikan oleh salah satu situs wisata New Zealand untuk dikunjungi selain Auckland dan Wellington adalah:

  • Rotorua – Sebuah wisata alam berupa daerah yang kaya akan panas bumi
  • Hobbiton – Tempat pengambilan film Lord of The Rings
  • Taman Nasional Tongariro
  • Taman Nasional Pegunungan Cook (Mount Cook National Park)
  • Danau Wakatipu

3. Mesir (Egypt)

Mesir juga menjadi salah satu negara impian yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya seputar piramida, Mesir juga tempat di mana salah satu peradaban tua berasal. Selain itu Mesir juga mendapat julukan Negeri para Nabi bagi umat muslim. Hal ini tentu membuat negeri ini kaya akan tempat-tempat bersejarah yang patut dijelajahi.

Piramida, Mesir (Egypt)
Piramida di Mesir (Sumber: Murat Sahin – Pexels)

Terletak di Benua Afrika, Mesir juga disebut-sebut sebagai negara perdagangan karena letaknya yang strategis, yakni berada dekat dengan kawasan Timur Tengah dan benua Eropa. Aneka masakan Mesir juga terkenal cocok untuk dinikmati hampir semua kalangan. Sebut saja Falafel, Umm Ali, Roti Fatir, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa tempat wisata menarik di Mesir yang bisa teman-teman kunjungi berdasarkan rekomendasi beberapa situs perjalanan adalah:

  • Piramida Giza
  • Alexandria
  • Pegunungan Sinai
  • Kuil Karnak

4. Turki (Turkey)

Turki saat ini juga masih masuk ke dalam daftar negara impian yang menurut saya perlu dikunjungi. Terletak di perbatasan antara Benua Eropa dan Asia, negara ini memang selalu menarik dengan berbagai obyek wisata. Perpaduan iklim 4 musim Eropa dan juga angin Timur Tengah ikut memberi pengaruh ke negeri satu ini. Teman-teman bisa merasakan sejuk dan dinginnya Turki bahkan menikmati bermain salju di negara ini.

Cappadocia, Turki
Pemandangan dari Balon Udara di Cappadocia, Turki (Sumber: Mehmet Turgut Kirkgoz – Pexels)

Berikut beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Turki:

  • Hagia Sophia – Sebuah bangunan yang kini difungsikan sebagai Masjid. Awalnya Hagia Sophia adalah Gereja Ortodoks sebelum ditaklukannya Konstantinopel oleh Al Fatih.
  • Blue Mosque – Masjid cantik yang dibangun saat Turki dalam era pemerintahan Sultan Ahmed.
  • Topkapi Palace – Istana peninggalan Dinasti Ottoman yang kini difungsikan sebagai museum dan perpustakaan.
  • Cappadocia – Menawarkan wisata balon udara di atas pegunungan dan tebing-tebing batu yang cantik.
  • Pamukkale – Kolam pemandian air panas dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Perpaduan bebatuan putih dengan kolam yang berwarna biru cerah tentu sangat menarik hati.

Baca juga: Turki dan Pesonanya

Pamukkale, Turki
Cantiknya perpaduan bebatuan putih dengan kolam-kolam biru di Pamukkale (Sumber: Mikdam – Getty Images)

5. Uzbekistan

Berlokasi di Asia Tengah, Uzbekistan juga merupakan negara cantik yang dipenuhi banyak peninggalan bersejarah. Di masa lampau, saat Silk Road (jalur sutra) berperan penting di benua Asia, negeri ini menjadi pusat kebudayaan Islam yang terkenal. Kota-kota seperti Bukhara dan Samarkand menjadi tempat bernaung bagi sosok-sosok ulama dan pemikir Islam, di antaranya: Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, Al Khwarizmi, Al Biruni, hingga Avicenna.

Registan, Uzbekistan (Sumber: bbsferrari – Getty Images)

Tempat-tempat menarik yang patut dikunjungi saat berada di Uzbekistan:

  • Ulugbek Madrasah – Salah satu madrasah (sekolah Islam) di Uzbekistan yang masuk dalam salah satu UNESCO World Heritage Site.
  • Makam Imam Bukhari – Berlokasi di Samarkand, makam Imam Bukhari sering dikunjungi oleh umat muslim yang ingin berziarah.
  • Metro Taschkent – Sebuah sistem kereta bawah tanah di Uzbekistan yang didesain dengan dinding mozaik yang unik dan menarik.
Samarkand, Uzbekistan
Samarkand, Uzbekistan (Sumber: Evenfh – Getty Images)

Nah, kalau teman-teman bagaimana? Kira-kira negara impian mana yang ingin segera dikunjungi? Atau mungkin sudah ada pengalaman berkunjung ke salah satu destinasi di atas? Share yuk di kolom komentar.

Referensi:

  • https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g255104-Activities-New_Zealand.html
  • https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g294200-Activities-c47-Egypt.html
  • https://travel.kompas.com/read/2021/12/30/165000227/10-wisata-di-turki-yang-keren-cappadocia-hingga-grand-bazar?page=all
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Uzbekistan

29 thoughts on “Daftar Negara Impian yang Layak Dikunjungi

  1. Aran Saudi, Mesir dan Turki jadi destinasi negara tujuan yang ingin saya kunjungi juga. Terlebih sebagai Muslim, di negara tersebut banyak sejarah Islam yang harus kita telusuri ya

    1. Iya Teh. Rasanya seru ya membayangkan sejarah yang pernah terjadi di kota-kota tersebut. Pemandangan kota dan sekitarnya pun relatif beda dengan yang ada di sekitar kita.

    1. Hehehe, iya ya Kak. Mungkin secara gak langsung ikut berpengaruh ya. Tapi sebenarnya selain di atas ada negara Asia Timur yang juga masuk ke daftar impian saya sih, seperti Jepang dan Korea. Sepertinya di sana wisata kota dan alamnya juga luar biasa cantik-cantik ya.

  2. banyak bgt daftar2 destinasi negara yang perlu dikunjungin nih, pasti cocok bgt utk berpetualangan mencari objek fotografi landscape dan street.. kalo sya mungkin memasukkan Swiss dan Catalonia di Spanyol sebagai target petualangan, hehehe.. trims udah berbagi informasinya

    1. Wah iya, Swiss dan Spanyol juga cukup terkenal ya sebagai destinasi wisata. Hanya saja pergi ke dua negara itu sepertinya perlu bujet yang lumayan ekstra ya Kak hehehe. Mudah-mudahan kita dimampukan menjelajah ke sana juga.

  3. Mekah, dengan Masjidil Haram dan Kabah di dalamnya, adalah pusat spiritual bagi umat Muslim. Tempat ini memiliki makna yang mendalam dalam agama Islam dan menjadi tujuan para jamaah haji dan umrah. Kehadiran puluhan juta orang selama musim haji menciptakan pengalaman yang luar biasa, di mana jiwa-jiwa dari seluruh dunia berkumpul untuk menjalankan rukun Islam yang penting.

  4. Wahh, memang menarik sih negara negara di atas. Cuma kalau saya pribadi penasaran dengan negara Turkey dan Jepang. Tapi sayangnya Jepang tidak masuk daftar hehehe.

    1. Wah iya Kak. Tadinya saya pun ingin menambahkan Jepang Kak. Negara Asia Timur yang juga selalu jadi unggulan juga bagi para wisatawan nih. Tertib dan teraturnya Jepang, juga rapi dan bersihnya kota-kota di sana, tentu perlu juga dilihat langsung ya.

  5. Nomer 1 tentu yang utama. Saya tidak akan melancong kemanapun sebelum berhasil mengunjungi tanah suci haramain. Negara kedua yg sebenarnya saya sangat ingin kunjungi adalah Palestina, khususnya masjidil Aqsa. Karena itu tanah suji semua agama samawi. Disanalah napak tilas Nabi Ibrahim, Ishaq, Yakub, Yusuf, Musa, Zakaria, Yahya, Isa. Sayangnya negeri itu dikuasai Zionis yang kejam dan terkadang menganiaya pelancong.
    Jika ada rezeki lebih, Turki dan New Zealand adalah yang selanjutnya.

    1. MasyaAllah, betul Kak. Palestina sebetulnya juga gak boleh dilupakan ya untuk masuk ke dalam list. Mudah-mudahan nanti kita semua ada kesempatan juga ya bisa berkunjung ke Palestina.

  6. Wahh semua destinasi pilihan di atas jadi wishlist destinasi aku juga deh. Banyak emg negara yang bersejarah yang patut dikunjungi, karena itu ada unsur budayanya yang masing2 khas dan unik. Selalu menarik untuk ditelusuri, semoga ada rezeki bisa pergi ke negara2 ini, aamiin

  7. Wahh semua destinasi pilihan di atas jadi wishlist destinasi aku juga deh. Banyak emg negara yang bersejarah yang patut dikunjungi, karena itu ada unsur budayanya yang masing2 khas dan unik. Selalu menarik untuk ditelusuri, semoga ada rezeki bisa pergi ke negara2 ini, aamiin

  8. Masyaallahu, cantik2 negara yg jdi whislist Kaka untuk dikunjungi. Dan sepskat sekali Arab Saudi ad di posisi pertama. Bukan cuma Indah ya kak, tapi biar hidup kita lebih berkah. Saya juga pingin banget, nih berkunjung ke negara2 tersebut, satu lagi, deh ditsmbsh, pingin ke Dubai juga hehe.

  9. MashaAllah~
    Membaca artikel kak Shal khusyu banget.. sambil berdoa, “Ya Allah.. ingin mengunjungi Baitullah dan destinasi wisata dunia lainnya yang indah-indah seperti rekomendasi dari kak Shal.” Aamiin~

    Berkunjung ke sebuah negara memang menjadi ajang untuk belajar.
    Belajar menempatkan diri di negara orang, belajar budaya, belajar bahasa dan yang peling penting jadi belajar bersyukur.

  10. Aku suka negara manapun deh. Mulai dari Europe, Asia, Afrika dan Amerika. Tapi beberapa waktu lalu malah kepikiran pengen main ke kutub selatan, setelah denger temen ikut expedisi ke kutub selatan bareng profnya. Hahaha…

    Setiap negara itu unik dan punya sisi yang menarik untuk dikunjungi.

    Happy exploring!! ❤️❤️❤️

    1. Wah.. seru juga ya Kak temannya sudah pernah ekspedisi ke Kutub Selatan. Kebayang dingin dan uniknya di sana.
      Betul, setiap negara mesti ada hal unik yang patut diapresiasi..

  11. ke Uzbekistan ini menyenangkan banget sepertinya buat daku masuk wishlist
    apalaagi melihat arsitekturnya dan bisa sekalian juga ziarah ke makam Imam Bukhari

  12. wah negara impian saya gak masuk list nih, yaitu jepang. hehehe. but its oke, saya juga pengen kok ke new zealand. selain punya landscape indah, new zealand punya trademark rumah hobbit yang layak dikunjungi sebagai pecinta film LOTR

    1. Hi3.. Jepang sebenarnya ingin saya masukkan juga Kak. Mungkin yang berikutnya ya. Jepang yang cantik, tertib, dan teratur. Belum lagi masakannya yang selalu pas di lidah.

  13. MasyaAllah.., terima kasih banyak informasinya, negara2 impian yang sangat recomended untuk dikunjungi, pengen bangeet kesana. semoga bisa menapakkan langkah ke negara2 tersebut, khusunya Baitullah Mekkah dan Madinah. Aamiin Ya Allah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *