Book & Movie Review

Review Film: Revenge of Others

Soo Heon, salah satu pemeran utama di Revenge of Others (Sumber: Di-capture dari Disney+ Hotstar Singapore’s Youtube)
  • Pemeran: Park Solomon (Ji Soo Heon), Shin Ye-eun (Ok Chan Mi), Seo Ji-Hoon (Seok Jae Beom)
  • Kategori: Drama Misteri
  • Produksi: Studio S
  • Tayang: 2022, 12 episode

Sinopsis Revenge of Others

Ok Chan Mi, seorang anak SMA memiliki saudara kembar bernama Ok Chan Yu, yang dipisahkan oleh nasib ketika di panti asuhan. Ok Chan Yu diadopsi oleh orangtua baru. Walau begitu, hubungan keduanya tetap berjalan baik dan mereka terus berkomunikasi. Hingga suatu saat, ketika sedang melakukan video call dengan saudara kembarnya, Chan Yu tiba-tiba memutuskan panggilan telponnya secara tiba-tiba. Setelahnya Chan Yu tidak lagi bisa dihubungi oleh Chan Mi.

Rasa penasaran dan khawatir lalu membawa Ok Chan Mi pergi ke SMA Yongtan, tempat Ok Chan Yu berada. Di sana ia lalu mengetahui bahwa saudara kembarnya diberitakan telah melakukan bunuh diri, loncat dari lantai 3 gedung sekolahnya. Chan Mi pun frustasi. Entah mengapa ia yakin bahwa saudaranya itu tidak mungkin melakukan hal nista semacam itu. Pada akhirnya Chan Mi pun memutuskan untuk pindah ke SMA Yongtan, sekolah mendiang saudaranya tersebut, dan mencari tahu sendiri penyebab meninggalnya Chan Yu.

Perjalanan Chan Mi untuk mengungkap kematian saudaranya ternyata cukup rumit. Ia sempat mengadu ke petugas kepolisian yang diketahuinya sempat menangani kasus Chan Yu, namun berakhir sia-sia. Ia pun menemui kedua orangtua angkat Chan Yu hanya untuk mengetahui bahwa orangtua angkat saudaranya tersebut tak lagi peduli pada kasus saudara kembarnya itu karena malu.

Petualangan Chan Mi Mencari Kebenaran

Revenge of Others (Sumber: Di-capture dari Disney+ Hotstar Singapore’s Youtube)

Ok Chan Mi lalu menyelidiki beberapa kawan sekolahnya yang ia curigai memiliki andil kematian saudaranya. Ji Soo Heon salah satunya. Seorang pemuda yang juga memiliki banyak masalah dalam hidup. Soo Heon sedang mengalami kesulitan karena ibunya yang sakit keras dan butuh banyak biaya untuk berobat. Soo Heon pun terpaksa kerja paruh waktu di sebuah arena permainan bowling untuk mencari uang.

Lalu Gi Oh-seong, anak kepala polisi yang cukup terkenal di SMA Yongtan. Oh-seong memiliki perangai yang dingin dan keras. Ia berteman baik dengan Seok Jae Beom, putra multimilyuner yang sedang mengalami hilang ingatan sebagian akibat kecelakaan yang baru dialaminya. Oh-seong kerap terlihat melindungi Jae Beom di berbagai kesempatan.

Kuk Ji-hyeon yang cantik dan sombong tapi ternyata menaruh hati pada Soo Heon. Ia kerap merasa cemburu pada Chan Mi yang terpergok sedang dibantu Soo Heon. Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya.

Semua teman-temannya itu nampak mungkin memiliki andil atas insiden yang terjadi pada saudara kembar Chan Mi. Belum lagi lalu terungkap bahwa SMA Yongtan, seperti kebanyakan sekolah lainnya, juga memiliki banyak riwayat insiden bully membully antar pelajar.

Beberapa fakta yang ditemukan Ok Chan Mi pun mulai membuka jalan yang lebih panjang dan berliku. Semakin ia mencurigai seseorang, fakta baru atau cerita lainnya terungkap. Semua saling berkaitan satu sama lain dan membuat pusing.

Lalu, apakah Chan Mi berhasil menemukan penyebab kematian saudara kembarnya? Semua bisa diketahui segera di film Revenge of Others yang kini sudah lengkap tayang hingga episode ke 12 ya.

Baca Juga: Mr Hiiragi’s Homeroom

Banyak Tokoh dan Penuh Kejutan

Drama ini memiliki tokoh dan peran pembantu yang cukup banyak. Antara adegan satu dengan yang lain juga berhubungan, sehingga kita perlu agak serius menikmatinya tanpa distraksi. Setiap episode juga kerap ditutup dengan scene yang menggantung dan penuh tanda tanya, membuat kita ingin maraton untuk segera menyelesaikannya.

Chan Mi & Soo Heon – Revenge of Others (Source: Revenge of Others Trailer captured from Disney+ Singapore’s Youtube)

Selain itu, film seri ini juga menyajikan cukup banyak konflik dan beberapa adegan kekerasan dan pukul-pukulan. Namun menurut saya semua scene yang dihadirkan terasa cukup nyata dan merefleksikan situasi sehari-hari. Pada beberapa episode tengah, akan tampak sosok-sosok antagonis yang mulai ditonjolkan. Juga keterlibatan dua orang detektif yang diminta menangani kasus di SMA Yongtan tersebut membuat Revenge of Others terkesan cukup serius dan menegangkan.

Revenge of Others – Minim Canda dan Adegan Romantis

Sesuai dengan genrenya yang misteri, teman-teman tak akan terlalu banyak melihat adegan romantis ataupun komedi di dalamnya. Walau pemeran utama, Chan Mi dan Soo Heon, terlihat memiliki ketertarikan satu sama lain di sepanjang film, tetapi nyatanya tidak ada adegan yang terlalu mendayu-dayu. Semua mengalir alami dan sederhana.

Beberapa adegan flashback ikut membantu menjelaskan alasan kejadian satu dengan lainnya. Semua dibuka secara perlahan-lahan untuk membuat penonton penasaran. Membuat film ini layak untuk dinikmati segera 🙂

18 thoughts on “Review Film: Revenge of Others

  1. Selalu suka dengan genre thriller.
    Tapi kali ini terjadi di lingkungan sekolah. Rasanya jadi makin gak relate. Agak-agak mengkhawatirkan melihat perilaku anak sekolah zaman now ya..

    Meski hanya sebuah drama, tapi aku sesungguhnya aku semacam meyakini bahwa PD-nim ini menangkap keresahan dan isu sosial yang terjadi di kalangan remaja.

    1. Betul Mbak. Cerita ini sepertinya memang membawa pesan keresahan dan isu sosial yang sedang marak ya. Tapi kenyataannya memang perilaku anak sekolah zaman now sungguh tak bisa terprediksi. Di negara kita saja banyak kasus yang aneh-aneh ya. Mudah-mudahan kita semua dijauhkan ya dari fenomena tersebut.

  2. Ini nih salah satu drama yang lagi hits setelah weak hero. Bawa premis yang mirip, dua duanya ceritain soal bullying dan balas dendam sama pelaku bullying. Aku sempet liat sekilas2 cuplikannya tapi belum sempet nonton full.

    Tapi yang bikin aku tertarik banget sih sama akting shin ye eun & solomon. Tau shin ye eun dari MV Day6 yg shoot me!!

    Kalau Lomon tuh dari drama netflix yg zombie itu, aku lupa deh judulnya. Terus penasaran sama dua akting nya di sini, soalnya beda gt ya kayanya karakternya. Oh iya shin ye eun juga pernah aku liat aktingnya yg drama sama Jinyoung jugaaa, lucu banget sampe di shipper in. Eh sekarang malah di shipper in sama Lomon xD

    Nanti setelah selesai nonton the good detective aku mau nonton ini dehh. Masuk watchlist dulu~

    1. Huaa.. Ak malah belum sempet nonton Weak Hero yang fenomenal itu Mbak. Kemana-mana mesti banyak yang cerita.
      Film ini memang mengungkap kegalauan para orang tua zaman now ya, di mana urusan bully membully makin mengerikan dan yang terlibat pun semakin canggih menutup-nutupi. Duh, seremm..

  3. Aku belum nonton drakor ini, padahal suka dengan akting Shin Ye Eun di beberapa drakor yang pernah dibintanginnya. Kayaknya agak dark ya padahal ini cerita tentang anak sekolah, aku liat cuplikan adegannya di Reels…hmmm Korea ternyata memiliki sisi gelap urusan bully-membully ya. Ntar aku coba nonton ah

  4. duh miris deh kalau ada bullying di sekolah gitu, apalagi sampai banyak pihak yang terlibat, lingkaran yang harus diputus
    dramanya minim canda dan adegan romantis hmm auto kebayang tegang nih jadinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *