Pemandangan dari Pintu Masuk Lembang Park & Zoo
Menjelajah Bumi

Asyiknya Mengeksplorasi Lembang Park & Zoo

Alhamdulillah, kesempatan berlibur tipis-tipis datang kembali. Berdalih ikut menemani suami bekerja di Bandung, saya lalu menambahkan agenda untuk pergi ke kebun binatang baru di Lembang dalam rencana. Yup, Lembang Park & Zoo namanya. Sebuah komplek kebun binatang baru di pinggiran kota kembang, Bandung.

Jalur Menuju Lembang Park & Zoo

Jika ditempuh dari Jakarta, maka perjalanan ke Kebun Binatang ini memakan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit. Lokasinya masih di sekitar Kampung Daun dan Floating Market Lembang yang mungkin sudah lebih dikenal. Dibuka awal tahun 2020, usianya memang belum mencapai 2 tahun. Namun yang menjadi kejutan, ternyata kebun binatang satu ini sangat menarik juga bersih untuk dinikmati. Merujuk situs infobdg.com, luas Lembang Park & Zoo kurang lebih 20 hektar. Jumlah hewan di sana pun sangat bervariasi. Ada lebih dari 500 hewan yang tinggal di kebun binatang satu ini.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Pemandangan dari Pintu Masuk Lembang Park & Zoo
Pemandangan dari Pintu Masuk Lembang Park & Zoo

Jam operasional Lembang Park & Zoo:

  • Weekdays: 09.00 – 17.00 WIB
  • Weekend: 08.00 – 18.00 WIB

Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau:

  • Weekdays: Rp 50.000 per orang
  • Weekend: Rp 70.000 per orang
  • Pengunjung anak-anak dengan tinggi badan <80cm belum dikenakan biaya masuk alias Gratis loh.
  • Terdapat juga area penyewaan scooter bagi pengunjung yang membutuhkan.

Namun tiket di atas belum termasuk biaya ke beberapa area khusus di dalamnya seperti Bird Aviary, Rabbit House, dan Rabbit Garden. Juga tak mencakup biaya wahana tambahan seperti memberi makan harimau kecil, gajah, dan lainnya yang berkisar antara Rp 5.000 – Rp 25.000. Oiya, biaya paket lengkap masuk ke seluruh area Lembang Park & Zoo ternyata juga bisa ditemukan di beberapa marketplace yang ada loh.

Memulai Eksplorasi di Lembang Park & Zoo

Area parkir kendaraan di sini bisa dibilang cukup besar. Terlihat beberapa bus pariwisata terparkir saat kunjungan kami ke sana di hari Minggu. Jangan khawatir, pengunjung yang parkir di lokasi agak jauh dari pintu masuk tetap bisa tenang, karena ada mobil wara wiri atau shuttle tak berbayar yang disediakan pengelola.

Salah satu sudut di Lembang Park & Zoo
Salah satu sudut di Lembang Park & Zoo

Setelah membeli tiket di pintu masuk utama, kami mendapat sebuat map atau peta informasi dan penunjuk jalan letak-letak satwa yang ada di dalamnya. Terlihat pula sebuah area untuk menyewa bebek kayuh di kolam buatan kecil tak jauh dari tempat kami berdiri. Kami pun kemudian melanjutkan perjalanan. Keceriaan dimulai ketika kami melihat beberapa kandang burung dan unggas di awal jalan setapak. Anak-anak pun bertambah semangat.

Yang membuat kami kagum pada kebun binatang ini adalah kebersihan dan penataan lokasinya yang nyaman. Bisa dibilang konsep yang dibangun di sini sangat mirip dengan pendahulunya, Batu Secret Zoo di kota Malang. Hanya saja Lembang Park & Zoo memang relatif lebih kecil. Jalanan yang kami susuri begitu asyik dilalui, tak terlihat sampah di mana pun. Tempat sampah pun bertebaran di berbagai titik.

Baca Juga: Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Malang

Aneka Satwa di Lembang Park & Zoo
Aneka Satwa di Lembang Park & Zoo

Setelah melalui kandang aneka burung dan primata. Kami pun lalu diarahkan melewati kandang aneka hewan buas seperti harimau putih. Di sini pengunjung dapat ikut memberi makan harimau kecil dan berfoto bersama dengan membeli tiket wahana terlebih dahulu.

Bird Aviary

Berikutnya, nampak pula oleh kami Bird Aviary atau sangkar burung besar yang berbentuk setengah lingkaran. Infonya di sini terdapat berbagai macam burung-burung cantik yang beterbangan bebas di dalamnya. Hanya untuk mengakses ke dalamnya pengunjung akan dikenakan biaya tambahan.

Bird Aviary
Bird Aviary

Kami pun melewati kandang buaya yang dibatasi oleh dinding batu dan kaca. Tak jauh dari sana, terdapat ruangan besar yang berisi berbagai macam hewan air, seperti ikan air tawar dan kura-kura. Ada pula beberapa jenis ular yang dapat disaksikan dibalik kandang-kandang kaca besar.

Kandang Buaya
Kandang Buaya

Pertunjukkan Burung Elang di Amphitheater

Di tengah jalur eksplorasi, kami mendengar info bahwa akan diadakan pertunjukkan burung elang. Anak-anak pun sangat tertarik sehingga kami bergegas menuju lokasi acara yang berbentuk seperti amphitheater di area terbuka. Sebelum acara dimulai nampak para petugas satwa berkeliling tempat duduk pengunjung sambil membawa beberapa hewan yang telah dijinakkan, seperti musang, burung, dan ular. Suasana semakin meriah karena pengunjung terutama anak-anak diberi kesempatan untuk menyentuh binatang-binatang tersebut. Pertunjukkan dimulai dan kami pun menyaksikan burung-burung elang terbang ke sana kemari melintasi atas kepala pengunjung dengan lincahnya.

Menyentuh satwa sebelum pertunjukkan elang dimulai

Tempat Istirahat dan Makan Siang

Di dekat arena pertunjukkan tadi terdapat sebuah food court yang menawarkan aneka makanan seperti nasi dan ayam goreng, sate, mie ayam, dan masih banyak lagi. Masakan-masakan tersebut dijual dengan harga berkisar Rp 15.000 – Rp 40.000. Tak lupa stall es krim, minuman, dan makanan khas oleh-oleh kota Bandung pun ditawarkan di sini.

Oiya, fasilitas, seperti toilet, tempat duduk, di kebun binatang ini bisa dikatakan cukup bersih dan terawat ya. Selain itu, kami juga menjumpai sebuah sudut taman bermain anak yang nyaman di dekat lokasi food court, sehingga anak-anak pun bisa ikut rehat sejenak di sana.

Melanjutkan Eksplorasi ke Kampung Gajah, Lembang Park & Zoo

Menuju Kampung Gajah di Lembang Park & Zoo
Menuju Kampung Gajah di Lembang Park & Zoo

Perjalanan kami berikutnya menuju area kandang gajah. Saya bersama anak sulung menyempatkan diri untuk membeli tiket memberi makan gajah dan berfoto di sana. Pengunjung tak perlu takut karena pawang dan petugas satwa selalu siap sedia membantu di lokasi.

Kebun binatang ini juga memiliki area danau kecil dengan sarana penunjang pada umumnya, seperti perahu yang dapat dinaiki, bebatuan di tengah kolam yang dapat dipijak, dan jalan setapak yang terus mengarahkan pengunjung untuk mengakses kandang-kandang hewan. Kami kemudian menyempatkan diri untuk melihat jerapah, beruang madu, macan, sebelum sampai di ujung dan diarahkan menuju pintu keluar.

Menjelang akhir petualangan, pengunjung masih akan dimanjakan dengan sebuah food court yang di dalamnya terdapat kandang macan dan harimau dengan pembatas kaca. Dengan melihatnya, anak-anak tentu akan melupakan lelah mereka setelah seharian berjalan kaki.

Selain itu, di sisi atas food court, terdapat sebuah kafe bernama Neko Cat cafe yang dihadirkan bagi para pecinta kucing. Pengunjung yang ingin bersantai bisa menikmati hawa Lembang sejenak sambil menyeruput kopi, bubble tea, atau menyantap makanan ringan sebelum mengakhiri eksplorasi di Lembang Park & Zoo.

40 thoughts on “Asyiknya Mengeksplorasi Lembang Park & Zoo

  1. Sepertinya asyik ya mengenang kembali perjalanan mengelilingi kebun binatang. Sudah lama sekali saya gak berkunjung ke sana. Ini rasanya tempat wisata yang semakin terabaikan.

    1. Betul Mbak, sedih juga ya kadang lihat kebun binatang di era pandemi ini. Banyak yang terbengkalai. Mudah2an segera bangkit kembali semuanya.

  2. Indah sekali ya Lembang Park & Zoo ini … foto-foto dan cerita di atas menggambarkannya. Sayangnya belum ada nih di kota saya yang seperti ini. Cuma bisa berharap bisa e Lembang Park & Zoo suatu saat nanti.

  3. Aduh beberapa foto aja udah mewakili bagaimana seru dan bagusnya lokasi wisata Lembang Park & Zoo ini. Bakalan puas nih seharian muterin semua wahana nya

  4. Wah baru yahhh. Ini mah wishlist banget kalau lagi jalan-jalan ke Bandung. Kalau di Malang ada juga namanya Jatim Park sama Secret Zoo. Wah anak-anak suka banget wisata edukasi beginian.

    1. Iya Mbak, ternyata baru dibuka 2 tahunan.. Walau memang masih lebih besar Batu Secret Zoo sepertinya dibanding Lembang Park&Zoo Mbak.. Tapi kurang lebih tempatnya sama nyamannya seperti di sana Mbak ๐Ÿ™‚

  5. Wah seru ya bisa ikut nemenin suami kerja sambil jalan-jalan. Aku dulu pernah ke Lembang, tapi cuma ke Bosscha aja waktu itu pas belum nikah. Next time pengen bareng-bareng suami sama anak lagi ke sana

    1. Waah.. samaan ya Mbak kita ๐Ÿ™‚ Iya Mbak, memang kekurangannya ada beberapa atraksi yang harus bayar lagi ya. Tapi kemarin saya sempat baca-baca artikel di salah satu web jalan-jalan, ternyata ada juga tiket terusannya. Walau tetap untuk wahana seperti kasih makan hewan sepertinya tetap bayar terpisah..

  6. waktu indonesia bagian jalan jalan online, terima kasih infonya mbaak, tempat rekreasi keluarga yang kalau deket mungkin langsung meluncur ke sana

    1. Menurut saya cocok Mbak, nyaman kok lokasinya.. Memang ada beberapa area yang melewati tangga atau bebatuan, namun kebanyakan jalurnya aman dan rapi.. ๐Ÿ™‚

  7. Ingin rasanya main ke daerah bandung atau jabar. Mungkin ini bisa jadi destinasi wisata kalau kesana ya. Kebun binatang yang bagus, bersih dan asri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *