Deretan Kafe Asyik di Pinggiran Jakarta Timur
Menjelajah Bumi

Kafe-Kafe Asyik di Pinggiran Jakarta Timur (Part 2)

Warga Jakarta dan sekitarnya mana suaranyaaa? Hehehe Kali ini saya berniat melanjutkan review spot berupa kafe asyik di pinggiran Jakarta Timur nih. Ada 5 kafe di seputaran kecamatan Duren Sawit yang layak banget untuk dicoba.

Bisnis kafe yang menjamur memang sungguh menggoda pengguna jalan yang sering berseliweran di sekitarnya. Para pemilik usaha berlomba-lomba berkreasi menciptakan tempat makan sekaligus bersantai yang bisa menarik pengunjung. Suasana yang nyaman, desain bangunan yang unik dan kreatif, juga aneka makanan dan minuman yang cukup bervariasi menguatkan alasan saya untuk mencoba menikmati spot-spot ini. Yuk, kita cek di bawah ada apa saja.

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Asyik di Pinggiran Jakarta Timur

Tuan Tanah

Tuan Tanah, salah satu kafe asyik di pinggiran Jakarta Timur (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Tuan Tanah, salah satu kafe asyik di pinggiran Jakarta Timur (Foto: Dokumentasi Pribadi)
  • Lokasi: Jl. Pahlawan Revolusi No.8, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Waktu Operasional: Senin – Minggu, 10.00 – 22.00 WIB
  • Kisaran Harga: 30K – 60K

Tempat yang satu ini terbilang baru tetapi banyak digemari orang. Memasuki area kafe, terlihat sebuah bangunan minimalis berbentuk kotak dengan dinding keramik berwarna abu-abu transparan. Sungguh unik! Mirip dengan rumah Igloo namun berbentuk kubus.

Setelah pintu masuk, teman-teman akan langsung disambut oleh tempat memesan makanan dan minuman dan dapur kecil kafe. Selain itu juga nampak beberapa tempat untuk duduk. Hanya saja pengunjung nampaknya lebih tertarik untuk menuju langsung ke halaman belakang, yakni area outdoor dan semi outdoor.

Suasana di belakang sungguh sejuk dan asri, halaman rumput yang dihiasi kelompok meja dan kursi bertebaran. Pohon-pohon tinggi namun belum terlalu besar menyela di antara tempat makan. Di bagian paling belakang, terlihat sebuah tempat semi outdoor dengan kanopi dan sisi-sisi dinding yang terbuka. Semilir angin pun terasa melintas ke sana kemari menyapa kulit kita. Asyik sekali untuk dinikmati di sore hari.

Makanan dan minuman di sini juga lezat-lezat loh. Saya berkesempatan mencoba minuman coklat dengan sentuhan kayu manis dan menyantap mie kuah bergaya jawa yang unik rasanya. Bahan-bahannya terasa fresh.

Masalalu, Duren Sawit

Masalalu, salah satu kafe asyik di jalan alternatif Jakarta (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Masalalu, salah satu kafe asyik di jalan alternatif Jakarta (Foto: Dokumentasi Pribadi)
  • Lokasi: di Jl. Rawa Domba No.47A, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Waktu Operasional: Senin – Minggu, 07.30 – 23.00 WIB
  • Rekomendasi Makanan & Minuman: Aneka es kopi, susu, dan aneka roti bakar
  • Kisaran Harga: 20K – 50K

Kafe yang satu ini ternyata sudah memiliki beberapa cabang selain di Duren Sawit, di antaranya Tebet, Petukangan, Pekayon, Cimahi dan Bandung. Walau tak berada di jalan utama Jakarta Timur, namun jalan di depan kafe ini adalah salah satu alternatif yang ramai digunakan oleh orang-orang sekitar. Tempat parkir motor dan mobil disediakan tepat di muka kafe. Tidak terlalu luas memang, namun dengan bantuan juru parkir setempat, pengunjung tetap bisa memarkir kendaraan di pinggir jalan sekitarnya.

Masalalu nampaknya memiliki konsep homie and comfy ala rumah-rumah di zaman dahulu. Sesuai namanya, Masalalu, aneka perabotan vintage di dalamnya pun mencerminkan kondisi rumah di era jauh sebelum 90-an. Kursi dan meja dibuat dari rotan dan kayu beraneka model. Terlihat mesin tik dan radio menghiasi salah satu sudut ruangan.

Indoor Space di Kafe Masalalu (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Indoor Space di Kafe Masalalu (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Tersedia tempat duduk outdoor berupa halaman yang beralaskan rumput sintetis dengan meja dan bantal-bantal duduk. Selain itu, pengunjung pun bisa mengakses ke rooftop dengan desain raw atau unfinished yang juga nyaman untuk ditempati.

Menu makanan dan minuman di sini terbilang umum. Es kopi yang menjadi favorit banyak orang, aneka roti bakar, beberapa pasta, seperti spaghetti, rice bowl, dan lainnya. Seperti biasa karena saya bersama anak-anak, maka pilihan minuman pun jatuh pada non coffee, alias susu caramel dan vanila yang segar.

Klangen Coffee & Roastery

Klangen, salah satu kafe asyik di Duren Sawit (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Klangen, salah satu kafe asyik di Duren Sawit (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Berada di jalan Rawa Domba, Jakarta Timur, Klangen Coffee & Roastery berada hampir tepat berseberangan dengan Kafe Masalalu. Klangen memiliki desain ala industrial. Ciri khasnya adalah plafon yang terekspos dan besi-besi yang juga menghiasi area kafe.

  • Lokasi: Jl. Rawa Domba No.17, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
  • Waktu Operasional: Senin – Minggu, 08.00 – 22.00 WIB
  • Rekomendasi Makanan & Minuman: Flavour Latte, Cookies and Cream,
  • Kisaran Harga: 20K – 50K, namun beberapa menu seperti Sei Sapi, Sop Buntut berkisar di 50K – 100K

Di lantai satu, pengunjung bisa makan dan minum dengan nyaman di dalam ruangan ber-AC. Naik ke rooftop, teman-teman bisa menemukan sebuah area semi outdoor dan full outdoor yang nyaman untuk ditempati jika hari mulai sore. Sebagian dilengkapi dengan kursi besi dan meja-meja kayu, sedang sebagian lainnya beralaskan rumput sintetis dengan meja pendek bak Jepang dan tak lupa bantal-bantal duduk yang lebar.

Suasana rooftop di Klangen (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Suasana rooftop di Klangen (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Yang unggul di tempat ini menurut saya adalah pelayanannya. Para mas dan mbak pramusaji cukup ramah dan informatif membantu kebutuhan kita. Harga makanan dan minumannya bisa dibilang sedikit lebih mahal dibanding beberapa kafe setempat. Namun variasi makanan dan minumannya jauh lebih banyak dibandingkan kafe lain di sekitarnya. Dan sepertinya target market Klangen dan ambience yang disiapkan memang mengarah untuk orang dewasa dan para pekerja.

This is Hud

  • Lokasi: Jl. Raya Jatiwaringin No. 13, Makasar, Jakarta Timur
  • Waktu Operasional: Senin – Minggu, 08.00 – 23.00 WIB
  • Rekomendasi Makanan & Minuman: Mac & Cheese, Sandwich
  • Kisaran Harga: 20K – 40K

Bertempat di jalan Jatiwaringin, kafe asyik di pinggiran Jakarta Timur ini berdiri sudah lebih dari 4 tahun lalu. Bangunannya berupa ruko 3 lantai yang sudah dirombak sedemikian rupa sehingga cukup menonjol. Makanan dan minuman yang enak dengan harga terjangkau kocek mahasiswa, membuat kafe ini selalu ramai orang. Lahan parkir yang terbatas bahkan tidak menghalangi tamu untuk terus mengunjungi tempat ini.

This is Hud yang tak pernah sepi (Foto: Dokumentasi Pribadi)
This is Hud yang tak pernah sepi (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Interior dalam kafe dengan cat berwarna broken white dan cream memang membuat suasana terlihat nyaman dan tenang. Plafon dan instalasi lampu-lampu yang terekspos menandakan desain ruangan yang modern dan kekinian.

Pelayanan di sini pun terbilang baik. Para mbak dan mas pramusaji selalu terlihat ramah menyapa tanpa membeda-bedakan pengunjung yang datang. Nampak sekelompok orang serius mengerjakan pekerjaan ataupun tugas kuliah di sini. Saya pun sudah beberapa kali datang ke sini karena anak-anak sangat menyukai mac and cheese yang dijual di sini. Aneka kopi panas dan dingin dan filter coffee dengan beberapa pilihan nampaknya juga menjadi favorit pengunjung.

Lucky Break Burger & Coffee

Lucky Break Burger & Coffee terletak di jalan Buaran, Duren Sawit. Bertempat di bangunan ruko 2 lantai, tempat ini cocok untuk perhentian singkat makan siang atau sekadar bersantai mengerjakan tugas atau pekerjaan. Tempat parkir yang disediakan memang tak terlalu besar, hanya dapat menampung sekitar 4-5 mobil dan belasan motor.

  • Lokasi: Jl. Buaran Raya No.1, RW.15, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
  • Waktu Operasional: Senin – Minggu, 09.00 – 23.00 WIB
  • Rekomendasi Makanan & Minuman: Chicken Blackpeper RiceBowl, Nasi Goreng
  • Kisaran Harga: 15K – 40K
Lucky Break Burger & Coffee (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Lucky Break Burger & Coffee (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Desain yang bergaya industrial, mayoritas dihiasi cat berwarna hitam dan aksen terang seperti oranye. Suasana di dalam ruangan tak terlalu terang, namun cukup untuk menemani teman-teman makan dengan nyaman.

Keunggulan tempat ini adalah makanannya yang murah namun cukup enak. Dan seperti biasa, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas wifi sambil bekerja atau mengerjakan tugas di sini.

Kafe, Tempat Segala Fungsi di Masa Kini

Fungsi kafe sekarang nampaknya terus meluas. Dari sekadar makan dan minum, tempat bersosialisasi atau bertemu orang, namun juga sekaligus tempat yang tenang untuk melahap tugas-tugas kantor, kuliah, atau sekolah. Semua siap difasilitasi kafe.

Nah, dari kelima kafe asyik di atas, kira-kira teman-teman mau mencoba yang mana nih? Yuk, share di kolom komentar.

26 thoughts on “Kafe-Kafe Asyik di Pinggiran Jakarta Timur (Part 2)

  1. Ponakaan aku ada yg namanya Hud, jd aku pingin coba this is Hud ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    Seruuuu ya JakTim nih teenyataaa.
    Napa yg sering viral jaksel mulu ihhh

  2. Memang ya kini kafe meluas fungsinya. Enggak cuma buat makan dan minum saja, tapi juga jadi tempat bersosialisasi. belajar, bekerja,… atau sekadat hang out bareng keluarga dan bestieee. Di antara pilihannya pengin ke Klangen karena ada rooftopnya:)

    1. hi3, iya Mbak, ak juga suka cobain tempat-tempat baru gini. Yang di sekitaran tempat aktivitas saja ternyata banyak banget tempat menarik.

  3. namanya unik-unik ya kafenya. saya salfok sama kafe masalalu itu bagian depannya kok malah kayak rumah-rumah jadul di kota saya gitu ya? hihi. tapi kok bagian dalamnya bisa estetik gitu jadi kayak nggak nyambung

  4. Aku kok salfok ke nama cafenya, semuanya unik unik
    Di Jaktim g kalah sama Jaksel ya mbak
    Banyak juga tempat nongkrong yang asik

  5. Akutu selama ini seneng banget dengan vibes cafe yang hommie dan desainnya humble. Jadi kesannya nyaman banget dibuat nongki dan berkumpul bersama teman, sahabat bahkan keluarga.
    Oh ya, satu lagi.. Suka banget dengan cafe yang tetap memiliki ruang sholat dan wudlu yang cantik dan nyaman.

    Paling suka sama vibesnya Klangen Coffee & Roastery.
    Rasanya nyaman yaa.. liat yang ijo-ijo.

    1. Sama banget Mbak.. Ak juga seneng liat kafe yang kesannya homie. Tempat sholat dan wudhu yang nyaman, plus kamar mandi bersih juga jadi prioritas ya..

  6. Waaaks asik bgt ini! Aku jd pengen nyoba satu2, makasih sudah nyetok inspirasi eating out sama bapake alias kencan tipiz2 ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published.