Menjelajah Bumi

KLCC Park Playground, Taman Bermain yang Lengkap, Nyaman, dan Gratis di Kuala Lumpur

Jika ditanya playground atau taman bermain anak mana yang terbaik atau sangat layak dikunjungi keluarga? Pikiran saya langsung melayang ke taman satu ini, KLCC Park Playground di Kuala Lumpur.

Saat mendapat kesempatan untuk menghabiskan liburan bersama anak-anak di Kuala Lumpur minggu lalu, taman bermain ternama di kota ini pun masuk ke dalam itinerary alias rencana perjalanan kami. Yup, KLCC Park Playground namanya. Taman ini terletak di dekat Menara Kembar ternama di ibukota Malaysia alias Twin Towers KLCC (Kuala Lumpur City Center). Hanya dengan berjalan kaki tak sampai 5 menit dari belakang Twin Towers, teman-teman pun akan langsung melihat sebuah area hijau yang luas dinaungi pepohonan tinggi besar layaknya hutan kota.

Tak mau buang-buang waktu, kami pun bergegas menyusuri jalan setapak mulus dan bersih yang mengarahkan saya dan anak-anak menuju sebuah area di tengah hutan kota tersebut. Taman bermain yang luas, dipenuhi dengan aneka permainan anak berwarna-warni cerah terpampang di depan mata. Anak-anak pun mulai meloncat-loncat kegirangan dan langsung berlarian ke segala penjuru taman. Berhubung kali kami bepergian bersama dengan para sepupunya anak-anak, kehebohan dan kebahagiaan di antara mereka pun langsung saling menular hehehe.

Kami kebetulan mengunjungi KLCC Park Playground ini di Hari Raya Idul Adha, sehingga pengunjung yang datang ke sana cukup ramai. Namun herannya, semua orang yang berada di lokasi tetap terlihat tertib loh saat berada di lokasi. Tak ada orang yang membuang sampah, merokok, ataupun merusak sarana permainan di sini. Salut!

Arena Permainan yang Luas dan Lengkap

Salah satu sarana bermain di KLCC Park Playground
Salah satu sarana bermain di KLCC Park Playground (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Aneka permainan anak, jalan, dan tempat-tempat duduk di taman tetap terlihat terawat dan terjaga keadaannya. Sangat jarang terlihat sarana permainan yang terbengkalai karena rusak atau kotor. Hampir semua bisa dimainkan atau digunakan oleh anak-anak dengan nyaman. Mungkin karena petugas di lokasi pun cukup terlibat aktif mengingatkan para pengunjung mengenai tata tertib di taman tersebut.

Kontur taman yang naik turun pun sepertinya sengaja ditata rapi membuat suasana playground terlihat semakin seru dan menarik untuk anak-anak. Aneka permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, tiang untuk panjat memanjat, monkey bars berwarna-warni, tersebar di hampir semua sudut taman. Walau kami bermain di sana pukul 1 siang, nyatanya udara tak terasa terlalu panas. Mungkin hal ini karena adanya pohon-pohon tinggi dan rindang yang melindungi kami dari paparan panasnya sinar matahari. Walau begitu, tak ada salahnya anak-anak menggunakan sunblock terlebih dahulu sebelum bermain ya.

Kolam Air Berwarna Biru Cerah di Tengah Taman

Sebuah oase di tengah luasnya taman kota KLCC
Sebuah oase di tengah luasnya taman kota KLCC. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Tak jauh dari tempat bermain anak, terlihat kolam yang luas berwarna biru cerah. Anak-anak berlarian, sibuk melompat, merendamkan kaki dan badan mereka ke dalamnya. Seru sekali melihatnya! Kolam tersebut memang terbilang dangkal tetapi sangat cukup untuk menyejukkan mata dan kaki bagi pengunjung di sekitarnya.

Di pinggir kolam terlihat sebuah air terjun buatan dengan airnya yang tumpah ruah. Gemericiknya menambah sejuk suasana taman di siang hari bolong tersebut. Meninggalkan teriknya sinar matahari yang sebenarnya sedang berada tepat di atas kepala. Hiburan yang sangat langka di antara gedung-gedung bertingkat di sekelilingnya. Sebuah oase di ibukota.

Hutan Kota di Tengah Kepungan Gedung Bertingkat

Suasana di sekitar KLCC Park Playground ini memang sangat nyaman. Hutan kota yang terawat rapi dan bersih di sekitarnya juga sering digunakan untuk berjogging atau sekadar berjalan kaki. Bisa tinggal di sekitar taman ini sepertinya sangat seru, pikir saya. Menjalani hari dengan rutinitas hidup sehat dan tenang.

Luas KLCC Park sendiri mencapai 20 hektar lebih. Didesain oleh seorang arsitek asal Brazil, taman ini ditujukan untuk membuat masyarakat sekitar lebih menghargai pentingnya alam. Dikelilingi oleh gedung-gedung bertingkat termasuk Petronas Twin Towers, taman kota ini memberi contoh pembangunan tata kota yang baik dengan mempertimbangkan keselarasan alam sekitar.

Fasilitas Publik Gratis yang Ramah Warga

Berbagai kemewahan di atas sukses diwujudkan oleh pengelola atau pemerintah setempat dan mungkin salah satu bentuk imbal balik yang layak untuk warganya yang tertib dan taat aturan. Semua akses ke fasilitas di KLCC Park Playground ini tak berbayar alias gratis. Keren ya?

Pikiran saya pun kemudian membayangkan beberapa taman-taman bermain publik di Jakarta yang semakin banyak dan terus naik kelas seperti ini. Semoga taman-taman serupa ini juga bisa hadir merata di seluruh penjuru Indonesia ya.

61 thoughts on “KLCC Park Playground, Taman Bermain yang Lengkap, Nyaman, dan Gratis di Kuala Lumpur

  1. Liat dari fotonya beneran sebersih itu ya, mana lengkap dan luas lagi. Ini mah bukan cuma anak kecil aja yang betah, orang dewasa juga pasti betah. Makasih infonya mbak, kalo jalan-jalan ke Kuala Lumpur wajib mampir ke taman satu ini ah.

  2. Wow banget, bersih, luas, dan “GRATIS”. Jadi gitu ya taman di negara maju, mewah banget, kalau disini sudah jadi wahana berbayar tuh pasti

  3. Suka salut memang kalau di luar negeri kenapa bisa bersih dan tertib ya? Sementara di Indonesia, bagian manapun sampah dan main serobot itu udah jadi pemandangan biasa meski itu memalukan sesungguhnya. Mungkin benar revolusi mental SDM kita belum sampai

    1. Nah, betul Teh. Kemarin sampai ak juga sempat bahas dengan suami. Salut dengan warga di sana yang tertib dan teratur. Bahkan kami pun gak ketemu orang-orang yang sembarangan merokok di sekitar area taman.

  4. Ya Allah, baru saja adik saya dan keluarganya dari sana. Mereka bilang emang bagus dan rekom kalau misalnya kami pergi ke sana. Terima kasih banyak, mba, info dan foto-fotonya. 😍

  5. Ohhh KLCC Park ini deket sama Twin Tower KLCC yah, bisa jalan juga. Enak nih. Mana kelihatannya asri banget kan. Ini mah bakal bikin anak-anak happy, mana arena playgroundnya luas dan lengkap. Hutan kota kek gini emang bisa jadi healing tipis2 buat yang jenuh ama aktivitas harian yang padet.

    1. Betul Mbak.. Tepat di taman yang ada di belakangnya Twin Towers. Luas banget playgroundnya. Plus ada kolam air yang luas dan bersih lagi. Anak-anak bakalan puas main di sini.

  6. Semoga. Bumi kita tetap dilestarikan area hujaunyaa dengan banyaknya taman-taman. Biar seimbang ya kak, meski banyak gedung tinggi tapi nggak kurang pepohonannya. Semoga juga someday bisa menginjakkan kaki di KLCC, bertandang ke negeri Jiran…

  7. masyaallah besar banget ya tamannya bisa seharian tuh kalau main di sana, fasilitasnya banyak, apalagi ada kolamnya juga, semoga di Indonesia juga semakin banyak taman yang memanjakan warga

  8. Setuju, diperlukan warga yang tertib dan taat aturan serta ikut menjaga sarana prasarana kota sehingga selalu terjaga.
    Senangnya semua akses ke fasilitas di KLCC Park Playground ini tak berbayar alias gratis, kini di Jakarta juga sudah banyak taman serupa, semoga selalu terjaga juga kenyamanannya

  9. Seneng yaah.. Hiburan gratis masyarakat KL yakni ke KLCC Park Playground.
    Pelayanannya lengkap dan semua menyenangkan. Luasnya juga bikin bisa bergerak bebas berinteraksi dengan alam. Adakah ruangan indoor-nya sehingga memungkinkan menjadi tempat bermain ketika cuaca sedang hujan, misalnyaa..

  10. Wah fasilitasnya lengkap ya dan letaknya juga ditengah kota jadi mudah dijangkau dengan berbagai transportasi umum, mudah-mudahan kelak bisa mengunjungi Malaysia dan tidak lupa mampir di taman bermain ini, selain lengkap juga memiliki banyak permainan untuk anak-anak. kalau anakku ke sini dijamin susah diajak pulang.

  11. wah luar banget ya ini playground nya mana gratis lagi. seru banget pastinya kalau anak-anak diajak ke sana. di sini aja ada playground kecil jadi rebutan soalnya. hihi

  12. Keberadaan KLCC Park adalah contoh yang mengilhami tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan perkotaan dan pelestarian alam. Hal ini mengingatkan kita bahwa alam adalah sumber daya yang berharga dan harus dihargai serta dilestarikan.

    best regard,
    adipraa

  13. Konsep playground dan tamannya menarik banget nih. Di tengah bangunan tinggi yang menjulang memang sebaiknya ada taman rindang yang hijau dan nyaman sebagai sarana refreshing untuk masyarakat. Semoga di kota besar di Indonesia mulai menerapkan konsep keseimbangan seperti di Malaysia ini ya.

  14. Ingin rasanya ke negara-negara tetangga untuk mengaktualisasi opini yang dikatakan orang melalui panca indera sendiri hehe. Tapi terlepas dari itu Ruang Terbuka Hijau dengan menyertakan fasilitas bermain yang ramah untuk anak sangat diperlukan di kota kota besar dan salah satunya KLCC Park Playground ini.

  15. KLCC pilihan tepat untuk destinasi liburan sekeluarga. Nyaman banget tempatnya, pas banget buat healing anak2 sekaligus bundanya.

  16. Seneng banget ada fasilitas ramah anak kayak playground gini di tengah kota. Mana gratis, luas, lengkap lagi permainannya, ya. Sampai bisa main air basah-basahan juga. Amak-anak pasti seneng banget nih kalau diajak ke KLCC Park… πŸ™‚

  17. Wahh ternyata ada Taman bermain ya Kak di area KLCC dan gak jauh dari KLCC, saking dekatnya bisa dilewati dgn berjalan kaki aja.. Seru deh, bisa nih jadi referensi nih untuk keponakanku yg mau ke sana nantinya..

  18. Masalah bersih dan tertib ini PR banget untuk Indonesia. Biasanya kalau tempat bersih pasti berbayar dan dikomersialkan. Suka sedih jadinya, padahal di luar negeri akses publik itu gratis dan sangat terawat.

  19. sayang ya lokasi KLCC Park Playground ini lintas negara, jauh sekali. berharap ada taman sejenis di kota saya. karena emang minim banget taman playground. kalaupun ada, tamannya udah masuk mall, hiks

  20. KLCC makin keren ajaa yaa sekarang. Apalagi udah sampe dibangun taman bermain gini, biar wisatawan yang bawa anak juga senang anaknya bisa main di park ini. Dulu kesini tahun 2017 belum kaya gini deeh..

  21. MasyaAllah serunya liburan di sana, bisa memanfaatkan dengan gratis. Semoga di Indonesia, kesadaran menjaga fasilitas umum juga semakin baik. Supaya kita juga bisa merasakan yang sepadan juga.

  22. Harus diakui, Kuala Lumpur memang beberapa langkah lebih maju daripada Jakarta. Sedih tapi itu fakta,
    Hebatnya warga di sana, walau fasilitasnya gratis, tetapi terlihat bersih, rapi, dan terawat. Thanks for sharing, Mbak!

  23. Dan lagi-lagi gratis, siapa coba yang nggak mau kesana
    Memang seru ya kalau di Malaysia bisa menikmati playground yang lengkap seperti ini. Dulu aku diajakin temen blogger Malaysia nongkrong di taman sambil menikmati jajanan aja udah seneng

  24. Wiih . Orang Malaysia memang kaya-kaya, fasilitas gini dibikin gratis.. kalo di Indonesia udah mahal karcis masuknya nih.. kalo di Indonesia gratis, pasti gk nyaman, karena penuh berjejal dan banyak orang buang sampah sembarangan.. hehehe

  25. Woh gak nyangka di tengah gedung bertingkat ada taman bermain juga. Udah lengkap, gratis pula. Takjub dulu kali ya karena kalau ke Kuala Lumpur, gak tahu kapan bisanya, hehehe

  26. Daku engehnya si menara kembar. Eh ternyata ini deketan ya mbak?
    Wuah kalau melihat fotonya luas dan mengesankan buat liburan di sana, apalagi bareng keluarga

  27. Asli ini di tengah kota ada area beginian. Mana hijau, luas, dan bersih, ini bikin anak jadi betah lama-lama di sini puas. Ortunya pun enggak nolak kalau lama-lama nemenin anak. Keren!! ❀️❀️

  28. Membaca tulisan ini, seketika saya membayangkan tentang taman-taman bermain yang ada di indonesia, andai aja selengkap ini ya, mungkin anak-anak akan dengan mudah mendapatkan kesenangan dan hiburan tempat bermain ramah anak di tengah kota

  29. Wow. Keren banget ya. Bersih dan tampaknya rapi banget. Paling demennya lagi adalah gratis. Sebagus itu nggak akan gratis sih kalau di tempatku.hehehe

  30. Sepertinya sukses terawat dan terjaga juga, ya.. saya cari2 di foto kok enggak nemu yang jualan yah, kak? πŸ˜€

    1. Betul Kak, di sini juga gak terlihat ada penjual makanan beredar di sekitarnya. Mungkin ini juga ya resepnya agar tamannya tetap bersih terawat tanpa aneka sampah makanan. Walau mungkin sebenarnya menarik juga sih jika disediakan sudut kuliner ya.

  31. Yang kurangnya dari Playground ini adalah saya yg belum ke Kuala Lumpur. Hehe.. Duh, jadi pengen deh merasakan udara Malaysia ini. Negara tetangga yang belum pernah saya sambangi sama sekali.

    1. Hehehe. Yuk Kak. Mudah-mudahan segera berkunjung ke sana juga ya Kak.. Karena ternyata negara yang satu ini memang termasuk dekat dari Indonesia. Apalagi jika diakses dari Pulau Sumatera.

  32. Wah mainnya jam 1 siang… Untung tamannya enak ya, teduh karena banyak pohon… Saya belum pernah nih ke malaysia… Semoga bisa ngajak anak-anak main ke klcc park playground…

  33. Bismillah..kak tau ga yg taman bermain ini menggunakan apa di lantainya?karena ini diinjak empuk banget dan anakku sering jatuh disana ga luka dan ga sakit..

    1. Kalau baca-baca beberapa referensi sepertinya ini bahannya dari karet ya Kak (tapi monggo dikroscek lagi, khawatir saya salah). Flexilis tiles atau Rubber tile. Dan karena bahannya mengandung banyak karet, jadi relatif empuk ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *