Photo: radoslawczarneckie0 - pixabay
Menjelajah Bumi

5 Tempat Liburan Seru dan Murah Meriah di Jakarta

Banyaknya acara wisuda dan perayaan tutup tahun ajaran sekolah memang menjadi tanda dimulainya perjuangan baru untuk orangtua. Mengisi liburan sekolah yang super panjang ini dengan kegiatan yang bermanfaat. Yes! Itulah cita-cita kebanyakan orangtua, termasuk saya, saat liburan kenaikan kelas berlangsung hehehe. Jangan sampai anak-anak menghabiskan hari-harinya dengan sekadar bermain gadget atau bermalas-malasan di rumah. Nah, teman-teman boleh coba intip nih beberapa ide tempat liburan seru dan murah meriah di Jakarta yang bisa dikunjungi bareng anak-anak.

1. RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak)

RPTRA yang kini bertebaran di berbagai penjuru kota memang sangat bisa diandalkan untuk liburan murah meriah di sekitar rumah. Modal yang perlu dipersiapkan hanyalah biaya transport ke lokasi dan tentunya sedikit bekal untuk makan dan minum anak-anak selama bermain di sana. Mengacu pada portal resmi pemerintah D.K.I. Jakarta, saat ini tersedia 296 RPTRA di Jakarta. Walau tak semuanya dalam kondisi prima, namun sepengamatan saya kebanyakan taman terbuka ini sudah cukup nyaman dan menyenangkan untuk dijadikan tujuan bermain anak. Berikut beberapa contoh dan penampakan RPTRA asyik yang pernah saya kunjungi bersama anak-anak.

1.1. RPTRA Tebet

RPTRA yang satu ini memang naik daun banget ya akhir-akhir ini. Bukan hanya karena lahannya yang luas, tapi arena bermain anaknya pun cukup besar dan lengkap. Tak lupa di sini juga terdapat jembatan penyebrangan ikonik yang berbentuk angka 8.

RPTRA Tebet (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Di RPTRA ini, teman-teman bisa mengajak anak mengelilingi taman yang sejuk sambil mengamati aneka ragam tanaman di sana. Adanya beberapa titik yang dilengkapi kolam dan aliran sungai kecil ikut membuat tempat ini terasa alami untuk dinikmati. Selain itu, anak-anak bisa menikmati serunya bermain di aneka papan luncur, jungkat-jungkit, balok titian, dan masih banyak lagi sarana lainnya.

Saran saya, datanglah ke tempat ini di pagi hari sebelum terlalu ramai. Dan jangan lupa untuk mendaftarkan diri dahulu sebelum berkunjung melalui aplikasi JAKI ya.

1.2. RPTRA Baung, Kebagusan

Ide Tempat Liburan Seru, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)
RPTRA Baung (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Taman yang satu ini lokasinya memang agak tersembunyi di sebuah gang kecil di area Kebagusan, Pasar Minggu. Tapi setelah sempat berkunjung ke sini, ternyata tempatnya cukup asyik dan lengkap loh. Ada arena bermain anak, lapangan basket, juga deretan taman-taman kecil di pinggirannya yang bisa dijadikan sarana edukasi. Bagi yang bertempat tinggal di sekitar taman ini, menghabiskan waktu pagi atau sore bersama anak di sini tentu cukup menghibur.

Baca Juga: RPTRA Baung, Sebuah Hidden Gem di Jakarta Selatan

1.3. Taman Piknik dan Taman Manunggal, Cipinang Melayu

Berlokasi di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Taman Piknik terbilang luas dan asri. Dilengkapi dengan jalan-jalan setapak yang bisa digunakan untuk sekadar berjalan kaki ataupun jogging, terdapat kolam atau danau kecil pada bagian tengah taman yang sejuk. Beberapa mainan anak pun disediakan di sini sehingga anak-anak pun bisa bersantai sambil bermain.

Tepat di sebelah taman ini terdapat Taman Manunggal yang memiliki lebih banyak permainan untuk anak-anak. Kedua taman ini dapat diakses melalui Komplek Kodam, Kalimalang. Tersedia lapangan parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Taman Manunggal
Taman Manunggal, Cipinang Melayu (Foto: Dokumentasi Pribadi)

2. Perpustakaan

2.1. Perpustakaan TIM (Taman Ismail Marzuki)

Perpustakaan yang baru saja di renovasi ini memang sangat seru untuk dikunjungi. Bangunan modern berdesain sederhana dengan bahan-bahan alami bangunan yang terekspos, membuat perpustakaan ini terlihat begitu kekinian. Bagian dalamnya pun tak kalah menarik dan rapi. Berbagai macam jenis buku, mulai dari buku anak, novel-novel, hingga karya ilmiah bisa teman-teman temukan di sini.

Oh iya, mengingat padatnya pengunjung yang berminat untuk datang ke perpustakaan ini, sebaiknya teman-teman melakukan booking online sebelum berkunjung ya.

Baca selengkapnya di: Perpustakaan TIM dengan Rupa Barunya

2.2. Perpustakaan Nasional

Perpusnas
Perpusnas (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Perpustakaan Nasional atau Perpusnas adalah pusat buku Indonesia. Dilansir dari situs okezone.com, berdasarkan informasi Deputi Bidang Pengembangan Badan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan, Perpusnas Indonesia saat ini mengoleksi lebih dari 5 juta buku.

Koleksi buku anak sendiri bisa ditemukan di lantai 7 pada gedung yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Dengan desain yang berwarna-warni, beralaskan karpet, dan tak lupa dilengkapi sarana bermain anak, tempat ini cocok sekali untuk menjadi tempat liburan seru di Jakarta.

3. Kebun Binatang

3.1. Taman Margasatwa Ragunan

Mendengar nama Ragunan tentu membangkitkan kenangan masa kecil pada begitu banyak orang. Yup, kebun binatang yang terletak di Kecamatan Pasar Minggu ini memang sangat terkenal di Jakarta. Sebagai tempat wisata murah meriah yang mudah dijangkau oleh penduduk Jakarta dan sekitarnya, teman-teman bisa mengajak anak menyaksikan aneka ragam hewan di sini.

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Taman Margasatwa Ragunan dengan luas 147 hektar memang tak pernah cukup untuk dijelajahi dalam satu hari. Luasnya wilayah serta sejuk dan rimbunnya lahan ini membuat pengunjung betah berlama-lama di dalamnya. Anak-anak pun tentu senang bisa melihat berbagai macam jenis hewan yang ada. Mulai dari gajah, jerapah, hingga hewan-hewan buas seperti harimau, singa, dan lainnya.

3.2. Faunaland, Ancol

Jika Kebun Binatang Ragunan terasa terlalu luas, maka teman-teman bisa mengajak anak-anak untuk menjelajahi Kebun Binatang yang lebih kecil. Faunaland yang ada di dalam Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satunya.

Faunaland yang berada dekat dengan Ancol Eco Park ini menyenangkan juga loh untuk dikunjungi. Menyaksikan hewan seperti aneka ragam burung, kura-kura, hingga macan dan singa tentu menambah pengalaman berharga bagi anak-anak.

4. Stadion dan Sarana Olahraga

Ide tempat liburan seru lainnya tentu stadion atau sarana olahraga yang besar dan luas. Di Jakarta sendiri terdapat 2 stadion yang cukup menarik untuk dikunjungi, yakni Stadion GBK dan Velodrome.

4.1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

Ide tempat liburan seru lainnya: Stadion
Stadion GBK (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Berolahraga bersama anak-anak biasanya sangat menyenangkan ya. Siapa yang tak suka berlarian di lapangan besar dan luas. Nah, menghabiskan waktu liburan di sarana olahraga seperti stadion Gelora Bung Karno bisa jadi pilihan yang ok selama liburan. Stadion berstandar internasional yang sudah berdiri puluhan tahun di Jakarta ini memang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Di stadion ini, anak-anak bisa membawa peralatan olahraga seperti bola kaki, raket badminton, sepatu roda, dan lainnya. Selanjutnya, mereka bisa bermain sepuasnya di jalan dan ruang-ruang terbuka yang lebar dan lapang. Oh iya, pastikan untuk tiba di lokasi saat pagi atau sore hari ya guna mencegah paparan sinar matahari yang terlalu panas.

4.2. Jakarta International Velodrome

Selain Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome yang terletak di Pulo Gadung ini juga sering dikunjungi orang untuk berolahraga. Di pagi atau sore hari, teman-teman bisa menyaksikan banyak orang berjalan kaki atau jogging mengelilingi stadion. Selain itu, terdapat juga beberapa klub olahraga yang menjadikan Velodrome sebagai tempat latihannya. Di antaranya klub atau komunitas sepatu roda. Jika berminat, anak-anak pun bisa mencoba untuk ikut dalam kelas-kelas latihan yang diadakan di sana.

Jakarta International Velodrome
Jakarta International Velodrome (Foto: Dokumentasi Pribadi)

5. Wisata Kuliner di Sekitar Tempat Tinggal

Nah, ide tempat liburan seru lain yang juga bisa dicoba adalah wisata kuliner di sekitar rumah atau tempat tinggal teman-teman nih. Mungkin ada tempat makan atau warung tetangga yang belum pernah dicoba masakannya? Atau pasar kaget yang selama ini belum sempat dikunjungi?

Tempat-tempat seperti ini ternyata juga menarik loh untuk didatangi bersama anak. Suasana yang berbeda biasanya selalu sukses membangun pengalaman atau kenangan baru bersama.

Ada Ide Lain?

Nah, beberapa referensi tempat di atas bisa jadi ide untuk berlibur bersama keluarga ya teman-teman. Jika ada tempat lain yang menarik, jangan lupa share di kolom komentar ya.

71 thoughts on “5 Tempat Liburan Seru dan Murah Meriah di Jakarta

  1. Makasih referensinya mba…. Aku udah pernah ke TIM, tapi kurang lama, dan sayangnya pas jam tutup perpustakaan, jadi ngga bisa masuk ke perpustakaannya. Untungnya bisa lihat pameran dan workshop sih… Bener-bener keren.

  2. senangnyaaaaa warga jkt dan sekitarnya dimanjakan dgn aneka spot yg kece dan sarat faedah.
    semogaaaa bs dimanfaatkan dgn optimal yah

    1. Alhamdulillah Mbak.. Dan sepertinya tempat-tempat semacam ini semakin meluas dan merata ya keberadaannya.. Semoga seluruh warga Indonesia di mana pun bisa menikmati fasilitas yang sama.

  3. Jakarta itu meskipun orang bilang sesak, tapi fasilitas lengkap. Mau yang gratisan bisa, bayar juga banyak… Makanya orang ga keberatan berdesakan selama kebutuhan hidupnya terpenuhi ya

  4. Gini nih lagi liburan sekolah jadinya gabut banget pengen ke mana gitu tapi yang edukatif dan murmerrr ala emak2. Sepertinya RPTRA Tebet ini bisa jadi pilihan banget buat ngajakin anak keliling taman yang sejuk dan ada playground juga ya. Main ke Perpustakaan Nasional juga seru banget biar menumbuhkan minat kiterasi anak-anak.

    1. Hihihi betul Mbak. Saya pun kalau musim liburan begini mulai pusing mencarikan anak-anak aktivitas. Akhirnya berburu tempat-tempat bermain gratis jadi hobi hehehe.

  5. Bukan orang Jakarta, tapi kalau lagi ke Jakarta mainnya selalu ke tempat yang udah dikenal masyarakat seluruh Indonesia, kaya Ancol, Dufan, TMII (ini bukan di Jakarta sih ya hihihi), Sea World, Atlantis, Kota Tua sama Monas. So far yang paling ramah di kantong itu Kota Tua sama Monas sih ya Mba, walau kalau dilihat dari sisi “menyenangkan” ya tentu tempat hiburan macam Dufan, hehehe.

  6. Aduh jadi pengen ke perpustakaan nasional. Sejak diresmikan sudah sering baca informasinya. Tapi belum ada kesempatan juga bisa menginjakkan kaki di sana… semoga ada kesempatan bisa main ke ibu kota
    Aamiin…

  7. Yeaaahh mantep lah kalau di Jakarta banyak pilihannya tempat liburan yang edukatif dan seru yaaa…
    Aku loh sampe usia segini belum pernah ke perpusnas, huhu…mupeng. Semoga ada waktu dan peluang main ke ibukota sama anak-anak liat rak buku segitu gedenyaaa…

    1. Hihihi. Saya pun baru-baru ini Mbak mulai ke Perpusnas lagi. Dulu rasanya pernah tapi mungkin karena belum sebagus sekarang jadi kurang tertarik untuk eksplor. Beda dengan yang sekarang, rasanya semua tempat ingin dijelajahi.

  8. Semakin banyak tempat yang ramah anak bakalan lebih baik. Anak bisa diajak jalan-jalan dan eksplor lingkungan di sekitarnya. Bagus-bagus ya ruang publik ramah anak yang ada di Jakarta.

  9. Terima kasih sekali rekomendasi nya. Ya bisa nih jalan-jalan low budget ke Taman-taman di Indonesia. Sama kuliner di dekat tempat tinggal kita

  10. Jadi inget dulu pas masih kecil suka dibawa ke senayan sama papah, bisa larilari, gelantungan, sampai ketemu artis. Plus bisa main softball juga disitu, ahh lengkap banget disana mah.

  11. Tempat hiburan ramah anak di jakarta tuh banyak banget ya. Dulu tinggal di jakarta dekay GBK jadi kadang kalau minggu main ke GBK, atau kalau sore ke taman dekat kompleks.. Ke ragunan udha berkali-kali juga.

  12. kemarin ke jakarta cuma sempat ke ragunan saya. padahal pengen ke ancol cuma kalau dari tangerang selatan kayaknya jauh banget. heu. tapi jujur nih saya masih penasaran sama sea world di ancol semoga nanti bisa beneran ke sana sama keluarga

  13. Liburan ga harus jauh-jauh ya mbak, dengan mengunjungi daerah sekitar juga sudah cukup menghibur
    Tempat liburan seru di Jakarta banyak juga sih yang bisa dikunjungi jadi ga perlu bingung

  14. Jadi pengen pindah ke Jakarta nih mbak, Hihihi. Banyak tempat liburan seru dan murah meriah ya, dan pastinya ramah anak. Kalau di sini, pengen liburan kayak orang boyongan, selain jaraknya cukup jauh, bisa sekalian satu atau dua tempat yang dikunjungi.

  15. Stadion Gelora Bung Karno sekarang cantiik sekali ya..
    Aku suka seneng banget sama kehidupan orang di Jakarta yang meski sibuk bekerja, tapi juga memerhatikan kesehatan degan olahraga dan memanfaatkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak yang telah dibangun Pemkot Jakarta. Warga Jakarta Bahagiaaaa~

  16. Wah seruuu liburan gini jadi ga bingung mau ngapain ajaa yaa, apalagi liburan panjang kek gini tuh menguras tenaga dan emosi bangettt kalo di rumah aja wkwkwkw

  17. Masyaa Allah keren-keren ya kelihatannya, paling suka lit yang adem-adem kayam taman di atas. Belum pernah ke jakarta sih tapi kek.y witasa di atas cocok dicobain pas kunjungan deh

  18. Jakarta kalau bangun sesuatu dan peruntukannya untuk ruang publik memang jadinya luar biasa ya..
    Berharap bisa digunakan secara fungsional juga. Karena asa sayang kalau ruang publik tapi kita semua kurang menjaganya. Jadi sama-sama saling jaga agar terus bisa dinikmati bersama.

  19. Taman Sepatu kak, belakang ragunan. Dulu sih bagus tapi sekarang dah seindah dulu. Pas tinggal di situ, tiap hari anakku minta nongkrong seharian

  20. RPTRA Baung, Kebagusan dan Taman Manunggal Cipinang keliatan seger banget ya mbak, Anginnya pasti sejuk banget jauh dari polusi yang identik dengan Jakarta. Maka wajar kalau iniemamg ramah anak. Ini bisa jadi tempat healing juga di akhir pekan.

  21. Ternyata banyak tempat wisata di Jakarta yah. Semuanya bakal menarik bagi anak2 sepertinya. Apalagi yg punya unsur pendidikan.. recommended banget.

  22. Keren ya Jakarta, punya banyak taman kota. Padahal kota metropolitan eh megapolitan tuh, yang cari lahan pasti susah banget. Mudah-mudahan kelak saya yang dari Sidoarjo bisa main-main ke lima tempat ini di Jakarta

  23. Dulu di jakarta utara ada Taman Mangrove, cuma semenjak di konservasi gatau deh masih dibuka untuk umum atau enggak. Padahal itu menjadi salah satu tempat yang bisa deketin warga jakarta dengan alam.

  24. Ragunan memang merupakan tempat yang sangat berkesan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang menghabiskan masa kecil di Jakarta. Kebun binatang ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga karena selain terjangkau, juga menawarkan beragam hewan yang menarik untuk dilihat oleh anak-anak.

    Tak hanya sebagai tempat rekreasi murah meriah, Ragunan juga memiliki peran penting dalam edukasi anak-anak mengenai keanekaragaman hayati dan pentingnya melestarikan satwa-satwa langka. Menyaksikan berbagai hewan di habitatnya juga bisa menjadi pengalaman belajar yang berharga untuk anak-anak.

  25. Liburan ke taman, perpustakaan, kebun binatang, memang salah satu cara liburan yang seru dan murah. Karena yang terpenting sih, bukan apanya tapi bersama siapanya.

  26. Kaget jg wkt lihat ini kok ada ya yg ngerekomendasiin liburan ke RPTRA. Salut sih buat kakaknya yg ngerekomendasiin. Emg RPTRA kini udh bgs bgt. Apalagi yg Tebet. Ada jg yg ada jembatan gantungnya tuh..plus ada jg yang buat main skateboard.

    Aku dulu ampe pindah warga DKI demi ikut coblos pak Ahok krn program2nya keren dan bermanfaat. Smg bs diteruskan ya program RPTRAnya. Ini jd destinasi murah meriah.

  27. Senang ya, sekarang banyak juga tempat wisata murah meriah di Jakarta
    Aku jadi kangen kuliner khas Jakarta
    Laksa, ketoprak, nasi uduk, dan semur jengkol

  28. RPTRA dan RTH di Jaksel mah gak keitung lagiii saking banyaknya, untung semuanya terjaga kebersihannya ya, tempat mainnya pun luas dan gak rusak. Aku seringnya ke Taman Spathodea kalau di Kebagusan. Nah kalau Jakbar ada Hutan Kota Srengseng, Taman Cattleya (Tomang), dan Jalur Hijau Kosambi (ada mini zoo nya lho).

  29. Catet ya! Meski di Jakarta yang identik dengan Ibukota, tetap ada tempat yang murah meriah dan menyenangkan. Macem-macem pula mulai dari taman, perpustakaan sampai kebun binatang juga ada

  30. Di Jakarta banyak juga ya ruang terbuka hijaunya. Di kotaku, Jember sini nggak terlalu banyak mbak, paling rame tentu saja alun-alun yang isinya kebanayakan orang jualan jajan
    Dari list diatas yang udah aku datengi cuman ancol hahaha
    next time pengen main ke taman-taman di jakarta

  31. Wah, ternyata di Jakarta banyak juga ya RPTRA. Selain bikin kota jadi lebih hijau ternyata juga bisa jadi tempat wisata yang ramah anak dan ramah kantong. Jadi nggak melulu harus wisata ke wahana yang mahal-mahal hehe, Kalau ingat biaya hidupnya di Jakarta bisa dibilang mahal dibanding kota-kota lain di Indonesia, keberadaan wisata yang murah tentu saja sangat membantu. Apalagi buat young parents yang tetap harus kerja di samping membesarkan anak ya kan…

  32. Wah udah lama banget ga ke TIM soalnya sekarang susah cari waktu dan udah kerja ngrantau ke luar kota, kapan-kapan kalo ke Jakarta dan ada waktu pengen banget mampir ke situ lagi.

  33. Daku beluman ke yang Taman Piknik dan Taman Manunggal. Pankapan ke tempat Kaka daku yang rumahnya sekitaran Jatinegara, boleh juga deh sekalian mampir ke sana juga

  34. Wah. Terima kasih list rekomendasinya, Kak. Saya sendiri tinggal di Kabupaten Tangerang, tapi belum pernah ke beberapa tempat yang disebutkan di atas. Pengen banget ke Velodrome. Baru tau juga ada Faunaland di Ancol. ๐Ÿ˜€

  35. Bisa juga keliling Jakarta sepuasnya dengan murah, yakni naik Busway. Ada nggak ya yang pernah jajal semua koridor dalam 1 kali jalan?

  36. Kemarin aku uda lewat di depan Perpusnas, sayang banget gabisa mampir karena waktu itu hari Ahad.
    Huhu.. tutup kan ya.. Perpusnas untuk hari sabtu dan minggu?

  37. Seneng banget sekarang RPTRA di Jakarta udah banyak dan bisa jadi tempat anak serta keluarga beraktivitas.. Meski tinggal di Depok aku beberapa kali ngajak anak-anak juga buat main ke RPTRA di Jakarta.. ๐Ÿ˜€ Seneng banget kalo makin banyak tempat wisata rekreasi dan edukasi yang terjangkau, ya..

  38. Dulu pas pertama kali nginjak ibu kota, pertama kali yg terlintas untuk dikunjungi adalah monas sama tanah abang wkwkwkw
    Bisa nih next kalau berkunjung lagi list tempat liburan selanjutnya

  39. Wah, bisa jadi tempat asyik buat liburan hemat ya kak. Next kalau ke jakarta maulah mampir ke tempat wisata ini, apalagi aku kepo sama kebun binatang. Keseringan ke Bonbin Surabaya soalnya hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *