RPTRA Baung, Kebagusan
Menjelajah Bumi

RPTRA Baung, Kebagusan, Sebuah Hidden Gem di Jakarta Selatan

Berhubung kami berdomisili di Jakarta Timur, destinasi kali ini sebenarnya berada di kawasan yang jarang kami jelajahi, yakni daerah Kebagusan, Pasar Minggu. Saya pun teringat dengan imaji Pasar Minggu beberapa tahun silam yang macet dan ruwet. Jalan utama yang terdiri dari 2 jalur hanya berfungsi separuhnya. Kanan kiri jalan dipenuhi dengan toko, pedagang kaki lima, juga mobil angkutan yang parkir sesuka hati. Namun ternyata semua yang ada dalam bayangan saya sudah begitu berubah sekarang. Lalu lintas di kawasan ini jauh lebih tertib dan teratur semenjak adanya underpass, putaran balik tapal kuda, dan tata infrastruktur lain yang semakin rapi. Termasuk salah satunya akses ke RPTRA Baung yang kini dapat kami capai kurang dari setengah jam dari rumah.

Pintu masuk area RPTRA Baung, Kebagusan
Pintu masuk RPTRA Baung, Kebagusan (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Alamat dan Area Parkir Kendaraan

Alamat RPTRA Baung adalah Jl. Baung III No.12, RT.4/RW.2, Kebagusan, Kecamatan Ps. Minggu, Jakarta Selatan.

Berbekal Google Maps, setelah menyusuri Jalan Lenteng Agung Barat yang mengarah ke T.B. Simatupang, kami pun berbelok ke jalan Baung untuk menuju RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Lokasi RPTRA ini ternyata sangat dekat dengan pintu masuk utama apartemen Kebagusan. Maka jika menggunakan kendaraan roda empat, teman-teman bisa menitipkan kendaraan di dalam area apartemen ini. Sedangkan jika mengendarai motor atau sepeda, teman-teman bisa terus masuk ke dalam jalan Baung III dan parkir di dalam area RPTRA.

Jalan masuk ke sini memang terbilang kecil atau terbatas. Berupa gang yang mungkin hanya biasa dilalui penduduk sekitar. Namun setelah sampai di lokasi dan masuk ke dalamnya, kondisi taman ini cukup mengejutkan karena keadaannya sungguh rapi dan nyaman.

Fasilitas di RPTRA Baung

Menapakkan kaki ke area RPTRA, kami langsung disambut oleh pintu utama dengan penanda bertuliskan Baung. Sebuah lapangan dan aneka permainan anak tersebar di dalamnya.

Lapangan kecil berwarna-warni

Pada bagian tengah RPTRA Baung, nampak sebuah lapangan kecil yang lantainya dicat beraneka warna cerah. Siapa pun tentu akan segera tertarik untuk menjelajah dan berkeliling di halaman ini.

Pelataran RPTRA Baung

Lapangan Basket

Selain lapangan umum, sebuah lapangan basket yang sepertinya berukuran standar nasional juga tersedia di sini. Dibatasi dengan pagar jaring yang terbuat dari kawat, nampak lapangan yang bersih dengan ring yang begitu terawat. Ketika kami di sana, beberapa pemuda terlihat sedang berolahraga dan memanfaatkan fasilitas tersebut.

Ruang Pertemuan di RPTRA Baung

Sebuah ruang pertemuan yang dapat dimanfaatkan untuk umum tersedia di sini. Berbentuk semi outdoor dan beratapkan genteng, bagian kanan dan kirinya terbuka langsung menghadap kebun mini dan pelataran RPTRA. Udara terasa sejuk mengalir di sini walau tepat di siang hari.

Oh iya, jika teman-teman berniat untuk mengadakan acara di ruang terbuka seperti ini ternyata prosesnya kini cukup mudah loh. Cukup mendaftar dan membuat surat resmi kepada pengelola RPTRA, maka teman-teman sudah bisa memanfaatkan fasilitas RPTRA seperti ruang pertemuannya.

Kebun Mini

Salah satu tujuan kami ke sini awalnya adalah mengikuti sebuah acara playdate berkebun untuk anak yang diselenggarakan oleh komunitas Ibu Profesional Jakarta. Dan RPTRA ini ternyata memang telah mempraktekkan langsung berbagai teknik berkebun, seperti hidroponik, dan sukses memelihara aneka tanaman yang kaya manfaat. Didampingi petugas di sana, kami pun diajak berkeliling area taman dan mengamati beragam tumbuhan yang ada.

Aneka Permainan Anak

Playground di RPTRA Baung
Playground asyik di RPTRA Baung (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Anak-anak di sini akan puas menikmati beragam fasilitas permainan anak. Ada jungkat-jungkit, perosotan (slide), arena memanjat, ban-ban berwarna-warni yang ditumpuk-tumpuk. Seru sekali! Arena bermain di tempat ini cukup nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang cukup melindungi anak-anak dari panasnya matahari, walaupun di tengah hari.

Kantin dan Toilet yang Bersih dan Terawat

Di sudut RPTRA, teman-teman akan melihat sebuah kantin kecil yang menyediakan snack hingga ice cream. Sedangkan dibaliknya tersedia fasilitas sebuah wastafel dan toilet untuk anak dan juga penderita disabilitas yang cukup bersih dan terawat.

Ayunan dan arena bermain di RPTRA Baung
RPTRA Baung, penuh dengan tempat menarik untuk dieksplorasi anak. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Begitulah akhir pekan kami minggu lalu, anak-anak tampak begitu senang mengeksplorasi RPTRA Baung. Taman terbuka serupa ini memang makin banyak kita jumpai sekarang ya. Sepertinya pemerintah daerah D.K.I. Jakarta memang cukup serius melakukan penataan ruang terbuka semacam ini untuk warganya. Bermain di RPTRA kini menjadi salah satu opsi refreshing yang menarik bagi kami sekeluarga. Teman-teman juga bisa coba mencari tahu lokasi RPTRA di sekitar Jakarta dengan rajin mengintip di akun instagram Dinas Pertamanan dan Hutan Kota
Provinsi DKI Jakarta
ya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Outdoor Ramah Anak di Jakarta

18 thoughts on “RPTRA Baung, Kebagusan, Sebuah Hidden Gem di Jakarta Selatan

  1. aaaaa menyenangkan, tempatnya bersih, lapang enak.. anak anakku kayaknya kalau kuajak kesana bakal gak mau pulang kayaknya. yang penting bersih dan teduh ya mbak, anak leluasa mau main juga

  2. Wahh masyaAllah ini sih bikin betah anak2 dan emaknya ya mbaa hihi, apalagi kalau ditambahin sambil nyesepin teh anget sore2 hihi syahdu bangett bisa begiitu di hidden gem kayak gini

  3. Wah ada acara playdate IP yah. Lama banget ngga ikut komunitas nih. Tapi bagus banget yah RPTRA ini cocok buat acara kopdar yang bawa bocil jadi anak-anak bebas main juga.

  4. Asyiiiik ya Mbak kalau lihat beginian apalagi di Ibu Kota, nyeees aja rasanya ada yang hijau² sedap dipandang mata dan hati, eaaaaa apalagi ramah buat anak², eh gak hanya anak² saja tapi orang dewasa

  5. Emang paling keren kalau kota tuh dibanyakin tempat hijau plus tempat mainnya, soal y pengap banget tuh di kota, apalagi tekanan dan kerjaan yg belibet, butuh gitu healing tipis-tipis di sekitar rumah

  6. Suka amazing kalau mleihat Jakarta masih punya ruang publik.
    Dan ternyata bisa sebagus dan secantik RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Baung Jaksel loo..
    Aku kalau ke Jekarda juga iseng-iseng mampir taman, soalnya aestheticnya luar biasa!

  7. seneng kalau ada tempat seperti RPTRA Baung gini, bisa ngajakin anak anak untuk bebas bermain. Ditempatku cuma ada satu tempat, kalau hari libur serasa penuh, padahal aku lebih suka kalau situasi lebih sepi…

  8. ceria banget ya warnanya itu lho warna warni . ini coock buat anak-anak yang senantiasa membawa keceriaan hehehehe .. danyang lebih penting kebersihannya biasanay ruang publik kan youknow lah ya

  9. Tempat asik yang wajib di kunjungi kalau ada ruang publik macam ini ga Kak. Aku juga suka kalau bawa keponakan di ruang publik begini apalagi kalo aksesnya mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published.