Menjelajah Bumi

Rekomendasi Pantai di Selatan Gunung Kidul, Yogyakarta

Pergi ke Yogyakarta akhir-akhir ini membuat saya cukup excited alias senang. Bagaimana tidak, kota yang satu ini memang selalu menarik bagi wisatawan. Bukan hanya wisata budaya, nyatanya Yogyakarta juga memiliki segudang wisata alam yang cantik dan menarik. Bersyukur beberapa waktu lalu saya sempat dikenalkan oleh adik dengan kecantikan deretan pantai di Selatan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk menjelajah virtual melalui Google Maps, ternyata pantai-pantai di sana memang banyak sekali yang menggoda untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di Selatan Pulau Jawa membuat pantai-pantai ini memiliki ciri khas tersendiri. Laut yang relatif lebih bersih, ombak yang lebih besar, dan biota laut yang lebih beragam. Selain itu, kebanyakan pantai-pantai ini juga relatif belum terlalu padat pengunjung.

Saya pun beberapa kali mendengar informasi bahwa kawasan Gunung Kidul ini memang sedikit unik. Daerah dengan kontur tanah yang terdiri dari batuan kapur umumnya sulit untuk dijadikan lahan pertanian ataupun perkebunan. Hal ini membuat penduduk juga pemerintah kesulitan dalam mengelola potensi daerahnya.

Bersyukur ide mengembangkan potensi pariwisata di kawasan Gunung Kidul pun muncul. Pantai-pantai cantik dengan pasir putihnya pun kian ditata rapi dan membuat orang mulai ramai berkunjung. Dan menurut saya, selama pantai-pantai ini dikelola dengan baik dengan tetap mengedepankan konsep alam yang lestari, kenapa tidak? Simak pengamatan saya beberapa pantai yang pernah saya kunjungi di Selatan Gunung Kidul.

1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan - Salah satu Pantai di Selatan Gunung Kidul
Sadranan – Salah satu Pantai di Selatan Gunung Kidul (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Pantai cantik yang berada di Tenggara Yogyakarta ini terbilang sudah cukup ramai. Kenapa begitu? Saat menuju ke sana, saya pun melihat banyak sekali deretan pedagang baik makanan laut hingga pakaian penuh di kanan kiri jalan.

Saya menyarankan teman-teman berkunjung ke pantai ini di menjelang siang agar ombaknya tak terlampau besar. Pasir putih yang luas dan terhampar di hadapan mata tentu tak akan bosan untuk dipijak dan dijelajahi. Oh iya, salah satu fasilitas menarik yang juga perlu dicoba di pantai ini adalah snorkeling sambil mengamati biota laut yang ada di sana.

2. Pantai Slili

Pantai Slili
Teluk kecil di Pantai Slili (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Pantai Slili terletak tepat di sebelah kanan Pantai Sadranan. Teluk kecil yang mengurung sebagian area pantai ini membuat pengunjung dengan anak-anak merasa lebih aman bermain di sini. Namun teman-teman tetap perlu hati-hati saat melangkah ya, karena di pinggir pantai banyak batu dan karang-karang kecil yang akan dilewati.

Akses untuk naik ke salah satu bukit karang di Pantai Slili
Akses untuk naik ke salah satu bukit karang di Pantai Slili (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Di pantai ini teman-teman juga bisa menjelajah naik ke sebuah bukit karang yang tak terlalu besar tepat di tepi pantai. Ingat untuk tetap mengenakan alas kaki saat menjelajah. Saat saya berada di sana, nampak beberapa pengunjung sedang mengeksplorasi bukit karang tersebut dan mengabadikan berbagai sisinya yang unik dengan berfoto.

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal - Pantai di Selatan Gunung Kidul yang menjadi favorit para surfer
Tempat favorit para peselancar di Selatan Gunung Kidul, Pantai Krakal (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Pantai yang satu ini ternyata cukup terkenal di kalangan surfer alias peselancar. Garis pantai yang luas dan lapang dengan ombak yang besar menjadi tantangan tersendiri bagi penikmat selancar. Sebuah tebing karang bertuliskan Welcome to Krakal terlihat dari sisi kami memandang.

Sebenarnya pantai ini juga bisa diakses baik dengan berjalan kaki dari Pantai Slili ataupun dengan memindahkan kendaraan yang telah terparkir di lahan parkir Pantai Slili atau Sadranan. Namun mengingat waktu yang terbatas, kali ini kami hanya sempat menikmati Pantai Krakal dari kejauhan.

4. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang di Selatan Gunung Kidul
Pantai Sepanjang di siang hari (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Di siang hari saya dan keluarga pun pindah ke pantai berikutnya, Pantai Sepanjang. Di sini kami berniat untuk mencoba makan siang di sebuah resto seafood pinggir pantai, yakni Kampung Lobster. Mendengar namanya saja tentu teman-teman sudah terbayang ya seperti apa masakan yang akan disajikan di sana. Aneka masakan laut dengan bahan yang fresh alias segar disajikan di sana. Pengunjung dapat memilih terlebih dahulu ikan, lobster, atau udang yang diminati melalui kolam atau aquarium yang berjajar di sana. Setelahnya, aneka hewan laut itu pun akan diolah sesuai permintaan.

Biota laut di Pantai Sepanjang
Jernihnya air di Pantai Sepanjang (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sambil menanti makanan terhidang, saya pun mengajak anak-anak untuk eksplorasi pantai cantik yang terhampar di depan saung-saung tempat kami makan. Matahari yang sudah melewati atas kepala membantu mengekspos kecantikan biota laut di tepi pantai. Anak-anak puas sekali berjalan melalui karang-karang kecil yang ditumbuhi aneka tanaman laut. Ikan-ikan juga kepiting-kepiting kecil terlihat berlarian di antara bebatuan. Sepertinya mereka sedang seru menikmati permainan petak umpet hehehe.

5. Pantai Gesing

Pantai ini saya kunjungi pada tahun berikutnya. Yup, betul, saya memang sekangen itu dengan cantiknya pantai-pantai di Selatan Yogya ini hehehe. Setelah bertanya dengan petugas setempat, kami pun diarahkan untuk mencoba ke Pantai Gesing.

Pantai Gesing
Pemandangan dari salah satu teluk kecil di Pantai Gesing (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Ternyata saat kami berkunjung sedang ada pekerjaan proyek di pantai ini. Kami pun akhirnya harus puas berjalan-jalan di tepian tebing pantai yang penuh dengan deburan ombak Laut Selatan. Di sisi tebing terdapat sebuah jalur yang sudah rapi dan dapat digunakan untuk menikmati pemandangan yang spektakuler di sana. Lautan biru berdampingan dengan sisi tebing yang penuh dengan hijaunya pohon dan tanaman di tepi pantai. Suara ombak yang terus menerus datang dan pecah menghantam tebing memberi pengalaman seru tersendiri.

Berjalan menyusuri Pantai Gesing
Menyusuri tebing karang di tepi Pantai Gesing (Foto: Dokumentasi Pribadi)

13 thoughts on “Rekomendasi Pantai di Selatan Gunung Kidul, Yogyakarta

  1. Sebagai orang yang pernah tinggal di Yogyakarta, saya dulu mager kalau sudah diajak ke pantai. Apalagi tempat saya tinggal itu di kota jogja, jadi lumayan jauh kalau harus ke daerah wisata pantai di Gunungkidul.

    Pecah telur saat terpaksa harus menemani acara keluarga ke pantai sadranan :)) dan setelahnya justeru jadi selalu kangen untuk berkunjung ke pantai yang berada di Gunung kidul ini. Semoga besok-besok kalau pas ke jogja bisa main ke salah satu pantai yang ada di blog ini hehe…

  2. Banyak sekali rekomendasi pantainya. Indah-indah pula, dan bikin betah. Terutama karena pasir putih, batu karang, dan pohon pandan lautnya yang khas. Saya pernahnya ke Pantai Drini, nah ini bisa jadi target selanjutnya kalau ke Jogja.

  3. wah aku belum pernah ke pantai di jogja padahal katanya bagus-bagus. tapi kalau pantai yang lokasinya di selatan itu memang indah-indah yaa nggak kayak pantai di kalsel airnya coklat kecuali di kotabaru

  4. Saya belum pernah mengunjungi kawasan pantai di Yogyakarta, tapi pernah liburan ke pantai di Pacitan. Mungkin sedikit mirip yah suasananya, yang saya ingat, ombaknya besar, pasirnya bersih mirip Pantai Sadranan.

  5. Yogyakarta tak hanya memiliki adat istiadat seni budaya, tapi juga wisata alamnya tak kalah indah dan memukau ya.
    Lengkap memang Yogyakarta ini. Bikin kangen terus jadinya…

  6. Daku ke Yogyakarta pas SMU, hemm udah kelamaan yak hehe. Keknya perlu nih jadwalkan traveling ke sana

  7. Ternyata masih ada pantai yang pasirnya putih bersih ya di Jogja, secara di pantai jawa gitu, biasanya kotor, tapi ini enggak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *