Book & Movie Review

Review Film: Yang Hilang dalam Cinta

  • Pemeran: Dion Wiyoko, Sheila Dara, Reza Rahadian
  • Kategori: Serial Drama
  • Produksi: Starvision Plus
  • Tayang: 2022, 12 episode

Yang Hilang dalam Cinta adalah serial drama Indonesia yang baru saja saya nikmati. Beberapa alasan mengapa saya tertarik menontonnya tentu karena nama-nama pemerannya. Siapa yang tak kenal dengan aktor seperti Reza Rahadian, Dion Wiyoko, dan Sheila Dara. Aktor dan aktris top masa kini yang namanya banyak bermunculan di berbagai film bagus.

Sinopsis

Adegan diawali dengan Satria (Dion Wiyoko) kecil yang memandangi wajah Dara (Sheila Dara) dari kejauhan. Satria memang sangat menyukai Dara sejak kecil. Walau di-bully, diperintah, dan bertepuk sebelah tangan, tetapi ia tetap mengagumi Dara. Sampai akhirnya mereka berpisah karena keadaan dan tumbuh dewasa dengan masing-masing cerita.

Satria di masa kini telah menjadi seorang pimpinan di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Sosok eksekutif muda yang sukses dengan banyak bawahan tak membuatnya kehilangan jati diri. Ia tetap sederhana dan kerap membantu menjadi relawan di penampungan anjing milik kakak sepupunya.

Hingga suatu saat, Satria pun dipertemukan kembali dengan Dara. Sayangnya dalam kondisi yang tidak ideal, karena kali ini Dara sudah akan menikah dengan calon pendamping hidupnya, Rendra (Reza Rahadian).

Dara Mulai Menghilang

Menjelang hari pernikahannya, Dara ternyata tidak sebahagia seperti kelihatannya. Ia kerap mengalami kekerasan verbal maupun fisik oleh Rendra, calon suaminya sendiri. Tuduhan perselingkuhan, celaan, hingga hinaan akhirnya membuat Dara menghilang.

Menghilang kemanakah Dara? Ternyata walau perginya Dara menjadi misteri bagi orang di sekitarnya, Dara ternyata tetap terlihat oleh Satria. Rendra yang temperamental pun memutuskan untuk melaporkan kasus hilangnya calon pengantin wanitanya ke polisi. Walau pada akhirnya hasilnya nol.

Teka teki pun berlanjut setelah seorang kepala polisi ternama memegang kasus ini. Beberapa pertanyaan seputar penyebab hilangnya Dara akan terjawab kelak.

Cerita yang Sedikit Unik atau Justru Absurd

Jujur, ketika menonton film ini, saya tidak menyangka teka teki yang dihadirkan terasa sedikit tidak masuk akal. Dara ternyata dalam cerita benar-benar hilang secara fisik. Seperti hantu, ia tak tampak oleh mata orang di sekitarnya. Hanya Satria yang bisa melihatnya. Di sinilah lalu benih-benih perasaan pun mulai muncul di hati Dara pada Satria. Satria yang dulu hanya dianggapnya seorang sahabat, ternyata begitu peduli pada Dara di masa-masa sulitnya.

Satria dan Dara - Yang Hilang dalam Cinta
Satria dan Dara yang sudah dewasa. (Sumber: Disney Hotstar +)

Satria merawat Dara yang tak kasat mata dengan sepenuh hati. Menyuapinya makan, memberinya tempat tinggal, bahkan mengajak dan menggandengnya ke mana-mana. Tentu kejadian serupa ini mulai terlihat aneh oleh orang lain. Satria tampak seperti orang aneh atau tak waras yang memiliki teman khayalan.

Rendra si Pencemburu

Di film ini calon suami Dara, Rendra digambarkan sebagai seorang pemarah yang memiliki kepribadian ganda. Pada suatu saat ia bisa mencaci maki Dara, bahkan menyiksa Dara dengan kasarnya. Di satu waktu lainnya ia bisa menangis tersedu-sedu khawatir akan ditinggalkan oleh Dara. Sebagai penonton, teman-teman akan dibuat geram deh melihat akting Reza Rahadian yang sukses memunculkan pribadi arogan yang begitu menyebalkan. Membuka pikiran kita, bahwa mungkin pribadi seperti Rendra inilah yang kerap terlibat dalam kasus-kasus KDRT ya?

Ketika Dara hilang, Rendra yang posesif pernah berkata pada Satria, bahwa ia tak lagi peduli dengan Dara. Namun selang beberapa waktu, ia pun kembali dan berkata ingin kembali pada Dara.

Baca Juga: Attack on Titan, Anime Seru dengan Rating 9 di Imdb

Tentang Pemain, Alur, dan Akhir Cerita

Film ini juga menyelipkan beberapa tokoh figuran yang menghibur. Misalnya sosok Pak Seno, anak buah Satria yang kerap kali berbicara tanpa henti walau teman-temannya sudah pergi menjauhi. Selain itu, seorang staf hotel bernama Sarah, ternyata juga menaruh hati pada Satria. Semua pemain saling melengkapi membuat cerita semakin ramai.

Saya akui para aktor dan aktris pemeran utama di sini sangat baik dengan perannya masing-masing. Wajah-wajah galau dan penuh pikiran banyak ditampilkan oleh Satria, Dara, dan Rendra. Membuat kita kadang ikut berpikir dan memikirkan situasinya.

Yang Hilang dalam Cinta memiliki 12 episode menarik untuk dinikmati hingga selesai. Hanya saja sayang di beberapa episode awal, cerita terkesan berjalan sangat lambat, sehingga kadang muncul rasa jenuh menunggu adegan selanjutnya. Walau begitu, kita tetap dibuat rela menunggu kelanjutan episode berikutnya karena rasa penasaran.

Lalu bagaimana akhir cerita dari Satria, Dara, dan Rendra? Akankah Dara bisa kembali terlihat di depan orang banyak? Atau jangan-jangan Satria-lah yang selama ini “halu” alias berhalusinasi bisa melihat Dara? Yuk langsung ditonton saja filmnya teman-teman. Oh iya, saya menikmatinya melalui Disney Hotstar + ya.

21 thoughts on “Review Film: Yang Hilang dalam Cinta

  1. Aku jadi takut degan kemungkinan terburuk.
    Bukan Satria yang halu, tapi kenyataan hanya Satria yang mampu melihat Dara ini apakah Satria punya six sense?
    Hhuhu..pliss, jangan sad ending yaah… Rasanya kalau karakter utamanya sad end tuh berasa sedihnya sampe gak bisa move on…

  2. Lihat Reza di flyer film ini jadi membayangkan kalau mainnya pasti dengan performa maksimal plus dengan peran berbeda dari sebelumnya.
    Penasaran mau nonton…

  3. Penasaran sekali dengan filmnya. Akankah Dara bisa kembali terlihat di depan banyak orang? Atau jangan-jangan Satria-lah yang selama ini “halu” alias berhalusinasi bisa melihat Dara? . Semoga ada sambungan artikelnya bgmn kelanjutannya

  4. Koq bisa sih mba Dara tidak kasat mata gitu. Ih jadi penasaran kaaann… itu sesungguhnya kehaluan Satria atau bagaimana? Gemes banget pengin tau kisah sesungguhnya. Apa yang terjadi dengan Dara?

  5. Bagus nih kalau ada series angkat topik KDRT. Secara gak langsung mengandung pesan moral. Apalagi ini sebelum nikah. Jadi buat kaum perempuan bisa buat refleksi diri. Jangan sampai kejadian kayak tokoh terkenal yang barusan rame di berita itu…

  6. unik ya ide cerita dari serial Yang Hilang Dalam Cinta ini. jadi penasaran nih apakah Dara ini benar-benar bisa hilang atau sebenarnya hantu yang hanya bisa dilihat Satria. hehe

  7. Salfok sama Dion Wiyoko kalau bermain peran menjiwai banget mana ganteng wkwkwk keren ini sinopsis filmnya jadi pengen nonton filmnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *