Daily Reminder

Sehat dan Bahagia Agar Maksimal di Bulan Ramadhan

Bismillah. Bisa berada di bulan Ramadhan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Bagaimana tak berbahagia, ketika ternyata kita masih dikaruniai ALLAH kesempatan untuk beribadah di bulan yang penuh berkah. Berpuasa, Tadarus Al Quran, Sholat Tarawih, dan diberi banyak waktu-waktu yang mustajab untuk mengharap ampunan ALLAH. Dengan begitu banyaknya berkah yang turun di bulan ini, maka memaksimalkan ibadah sangatlah penting. Untuk mendukungnya, merawat tubuh dan jiwa agar selalu sehat dan bahagia juga menjadi prioritas.

Dengan penuh semangat dan begitu banyak harapan mengisi Ramadhan, biasanya di pertengahan Ramadhan badan pun mulai terasa kelelahan. Berbagai upaya lalu harus dilakukan guna membujuk diri agar tak melonggarkan target ibadah yang sudah ditetapkan. Ditambah lagi saat ini kita sedang dihadapkan pada pandemi, sehingga kesempatan langka untuk berada di rumah penuh waktu pun didapatkan.

Salah satu motivasi yang harus diingat ketika lelah dan bosan datang menguji kita di pertengahan Ramadhan adalah betapa meruginya kita jika harus kehilangan semangat mengejar ibadah-ibadah di bulan Mulia yang penuh dengan ganjaran kebaikan ini. ALLAH Subhana Wa Ta’ala bahkan mengaruniai kita kesempatan untuk meraih malam Lailatul Qodar yang ada pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan, di mana ALLAH menjanjikan ganjaran pahala tiap ibadah yang dilakukan pada malam tersebut setara dengan seribu bulan.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”. (QS Al-Qadar: 3)

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”. (QS Al-Qadar: 4)

Oleh karena itu, menjaga stamina tubuh, tetap tampil cantik, dan bahagia sangatlah penting di sepanjang bulan Ramadhan agar kelak kita bisa menjalaninya dengan sepenuh hati. Diharapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan selama bulan ini pun akan terus terbawa ke bulan-bulan selanjutnya.

Sehat dan bahagia di bulan Ramadhan
Picture – credit to canva library.

Tips Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat dan Bahagia

Beberapa tips ringan di bawah dapat dilakukan agar kita mendapat kekuatan dan semangat untuk tetap fokus mengerjakan amalan ibadah di bulan Ramadhan.

  1. Tetap menerapkan pola makan sehat, Sahur dan Berbuka dengan makanan secukupnya, tidak berlebihan namun cukup. Penuhi kebutuhan air juga menjadi utama agar tubuh tak mengalami kekuarangan cairan. Ingat, kesehatan malah harganya. Oleh karena itu penting untuk terus kita jaga.
  2. Walaupun hanya berada di rumah, tetap kenakan pakaian rapi, bersih, dan wangi. Hal ini penting untuk menjaga mood kita dan keluarga ketika berkegiatan di rumah.
  3. Kerjakan pekerjaan rumah tangga dengan bahagia dan bergerak aktif. Pekerjaan seperti memasak, mencuci baju, menyapu halaman rumah, mengepel, semua dapat kita konversikan menjadi gerakan olahraga yang cukup efektif. Jika masih memiliki waktu luang, berjalan kaki sejenak di pagi hari pun baik dilakukan.
  4. Bersyukur..bersyukur..dan bersyukur.. Lakukanlah agar ALLAH senantiasa menambahkan nikmat pada diri dan sekitar kita. Dan tak lupa, sering-seringlah mengucapkan kata-kata baik pada diri. Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk membuktikan bahwa mengucapkan kata-kata positif memang membawa akibat yang baik pada tubuh.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS Ibrahim:7)

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Terasakah bahwa hati mulai gelisah dan khawatir ditinggalkannya? Akankah kita akan bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya? Apakah semua amalan kita diterima ALLAH? Semua retorika pertanyaan pada diri akan terus diulang dan hanya ALLAH yang Maha Mengetahui semua jawabannya. Tugas kita adalah tetap berusaha memaksimalkan Ramadhan yang kita jalani saat ini.

#blogerbengkeldiri #cantikdansehat #ramadhan

20 thoughts on “Sehat dan Bahagia Agar Maksimal di Bulan Ramadhan

  1. Ya Allah bener mba.. gak rasanya ramadhan sebentar lg selesai..

    Tantangan selanjutnya adalah apakah pola sehat selama ramadhan ini bisa istiqomah

    Doakan ya mba

  2. betul mbak, perlu banget mensugestikan hal-hal positif pada diri sendiri. aku pas skincare-an suka sambil bilang “ayoo diserap yaa kulitku” wkwk

  3. Aku baca point 2 pas udah mandi dan wangi duh rasanya senaangggg 😆 makasih udah sharing mbakkk

  4. Ramadan tinggal sebentar lagi :(. Semoga setelah Ramadan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi

  5. Sedih ya mba udah di penghujung Ramadhan, smoga ibadah yg kita optimalkan di bulan Ramadhan bisa istiqomah tetap kita lakukan di bulan2 berikutnya

  6. No 2 kadang sulit sih ya. Apalagi emak rempong. Dasteran lebih nyaman, hehe. Tapi ya lihat sikon ya. Kalau pas meeting online, ya kudu sempurna hijabnya. Kalau di kamar ya, sesuai yg suami suka. Hehe. Btw, nice tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *