Menjelajah Bumi

Berpetualang di Hutan Pinus Kopeng, Semarang

Melanjutkan cerita mudik saya dan keluarga, kali ini saya mau berbagi cerita tentang sebuah lokasi fasilitas wisata alam di dekat kota Semarang. Kopeng TreeTop tepatnya.

Berupa sebuah desa di kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Kopeng berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 1500-1700 mdpl. Oleh karena itu wilayah yang kami kunjungi ini penuh dengan hutan pinus yang tinggi. Dengan udara yang relatif sejuk bahkan dingin, suasana di sana memang sangat alami.

Perjalanan ke Kopeng dari Jakarta kami tempuh kurang lebih dalam waktu 7 jam. Di Kopeng TreeTop, rencananya kami akan mengajak anak-anak sedikit berpetualang melalui kegiatan outbound.

Kopeng Tree Top

Hutan Pinus di Kopeng TreeTop
Hutan Pinus di Kopeng TreeTop (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sebuah Taman Wisata Alam yang penuh dengan permainan outdoor khas alam. Cocok untuk outbound atau berpetualang di alam terbuka bersama keluarga.

Hanya saja memang Adventurous Park satu ini rasanya memang lebih cocok bagi anak usia SD ke atas. Karena banyak permainan dan aktivitas yang dibatasi dengan usia, tinggi, dan berat badan. Jadi mungkin bagi orang tua dengan anak balita dapat mempertimbangkan dahulu sebelumnya. Kebetulan saat ini kedua anak saya masih ada di sekolah dasar, sehingga saya memang sudah memperkirakan bahwa tidak semua permainan dapat mereka coba.

Waktu Operasional

Kopeng TreeTop beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Namun untuk tiket masuk terakhir dapat dibeli di loket pukul 16.00 WIB.

Loket Masuk Kopeng TreeTop
Loket Masuk Kopeng TreeTop (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Dari tempat pembelian tiket masuk ini, nanti pengunjung akan diantar ke lokasi outbound di dalam area hutan pinus dengan menggunakan kendaraan wara wiri milik pengelola. Jarak dari lokasi parkir dan loket utama mungkin berkisar kurang lebih 1 kilometer ke dalam dengan jalur menanjak.

Shuttle Kopeng TreeTop (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sedikit saran, jangan lupa kenakan pakaian yang sesuai untuk kegiatan alam pegunungan ya. Saya sendiri menyiapkan beberapa barang di bawah untuk kami sekeluarga.

  • Pakaian yang nyaman untuk bergerak.
  • Sandal atau sepatu gunung yang tidak licin.
  • Jaket tipis dengan tutup kepala (hoodie) yang tahan angin dan air, karena siapa yang tahu jika tiba-tiba hujan turun atau gerimis di tengah permainan.
  • Tas kecil anti air untuk membawa peralatan seperti handphone, uang secukupnya, alat kebersihan, dan lain-lain.
  • Pakaian ganti dan peralatan kebersihan.
  • Peralatan Salat termasuk sajadah.
  • Botol minum dan snack secukupnya.
  • Kantong atau tas plastik untuk baju atau sepatu kotor.

Namun tak perlu khawatir karena di lokasi outbound sendiri fasilitas seperti mushola, restoran, dan toko untuk membeli peralatan seperti sarung tangan dan kaos lengkap tersedia.

Outbound di Kopeng TreeTop

Sebuah kegiatan menjelajah dan berpindah-pindah dari satu pohon pinus ke pohon lainnya. Melewati tali dan jalur titian terbuat dari kayu yang menantang. Selain itu juga terdapat kegiatan panjat memanjat atau climbing, meluncur di tali antara pohon (Flying Fox), dan masih banyak lagi.

Fitur keamanannya terbilang cukup baik. Pengunjung yang mengikuti petualangan ini akan dilengkapi dengan safety harness, yakni tali yang dikenakan seperti pakaian untuk mengamankan tubuh dengan cara dikaitkan ke tumpuan yang aman. Tak lupa carabiner atau pengait ke titik atau tali pengaman yang terpasang di lokasi outbound.

Meniti Jalan Tali di Ketinggian kurang lebih 5 meter (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Oiya, Pohon-pohon di sana tinggi-tinggi lho bisa mencapai 7 meter lebih. Untuk itu faktor keselamatan memang penting dalam permainan ini.

Di sini terdapat 2 tipe arena outbound. Pertama untuk dewasa hingga anak dengan berat 40 kg atau lebih. Dan arena kedua untuk anak-anak di bawahnya, atau mulai dari usia SD awal. Di sini anak-anak pun mencoba mengeksplorasi alam dan menantang diri mereka lebih jauh.

Aktivitas Outbound untuk Anak-Anak di Kopeng TreeTop
Aktivitas Outbound untuk Anak-Anak (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Aktivitas Seru Lainnya di Kopeng TreeTop

1. Zipcoaster

Melaju di rel yang terinstalasi antara pohon pinus dengan cara bergantung. Permainan satu ini sangat menarik sesungguhnya untuk dicoba. Memiliki batasan berat tubuh di atas 40 kg, saya sudah berniat untuk menaikinya. Hanya sayang ketika kami sekeluarga ke sana kondisi sedang hujan dan sempat terjadi pemadaman listrik tiba-tiba. Alhasil saya mengurungkan niat itu. Khawatir juga kan jika tiba-tiba mati lampu dan saya terkatung-katung di ketinggian hehehe.

2. ATV (All-Terain Vehicle)

Di sini terdapat 2 jenis permainan ATV yakni Circuit dan Adventure. Pada jenis circuit, pengunjung akan memutari wilayah yang sudah ditentukan. Jaraknya tak terlalu jauh dengan estimasi waktu kurang lebih 40 menit. Namun jangan bayangkan treknya mudah ya. Karena kenyataannya kami berkali-kali hampir terjungkal di sini. Yup, jalurnya menantang, melewati tanah hutan pinus yang naik turun juga melewati akar-akar pohon besar. Sedangkan untuk jalur adventure, dibutuhkan waktu lebih lama lagi, yakni 2 jam untuk menempuh jalur yang sudah disiapkan.

Begitu tiba di lokasi outbound, saya, pak suami, dan anak-anak dengan semangatnya menuju lokasi ATV. Saya pikir ATV kali ini dioperasikan dengan cara biasa, yakni dengan gas dan rem. Ternyata ATV kali ini menggunakan kopling teman-teman hehehe. Alhasil saya yang hanya kenal motor matic pun terpaksa belajar dulu untuk mengendarainya. Kali ini anak sulung berboncengan dengan pak suami, sedang saya dengan percaya dirinya mengajak putri kecil saya yang berusia 6 tahun untuk ikut serta. Ternyata, wuihhh, perjuangan sekali mengendarainya.

Sirkuit ATV di Kopeng TreeTop (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Memang ada pemandu yang menemani kami selama menjelajah. Namun di tengah jalan, anak bungsu pun mulai panik dan menangis karena hampir terjungkal. Saya pun memutuskan balik arah dan meninggalkan kendaraan di tengah jalan hehe. Segera kami melapor ke pos penjagaan dan beristirahat menenangkan hati si kecil.

3. Ski Ban

Permainan Ski Ban berupa arena luncur menggunakan ban. Pengunjung akan duduk di atas sebuah ban besar yang lalu diluncurkan dari perosotan dengan ketinggian cukup wow. Lagi-lagi seperti zip coaster saya belum berkesempatan mencobanya karena kebetulan sedang ada pemadaman listrik sesaat di sana hehe.

Kegiatan yang Cocok dan Nyaman untuk Anak-Anak

1. Caving

Nah, permainan satu ini cocok untuk anak usia mulai TK hingga SD. Anak-anak akan memasuki sebuah rumah berdesain rumah Hobbit yang penuh lorong-lorong. Mereka akan merangkak dan menjelajah di dalamnya dan menuju pintu keluar.

Memang membutuhkan kenyamanan terlebih dahulu sebelum anak-anak berani mencobanya. Terlebih kami para orang tua tidak bisa ikut masuk ke dalamnya. Namun pemandu di sini terbilang cukup ramah dan helpful. Sehingga anak sulung kami pun dengan semangat mau mencobanya.

2. Pottery

Pada kegiatan pottery, dewasa maupun anak-anak bisa belajar membuat barang pecah belah dari tanah liat. Beberapa teknik akan diajarkan di sini. Aktivitas ini cocok untuk anak-anak yang memang tertarik dengan aneka keterampilan tangan.

Restoran dan Fasilitas Lain di Kopeng TreeTop

Oiya, Kopeng TreeTop juga memiliki satu fasilitas keren berupa restoran di atas pohon-pohon tinggi loh. TreeTop Sky Resto namanya. Makanannya pun cukup enak menurut saya. Pengunjung dapat memilih duduk di tempat yang berada di atas pohon-pohon besar.

TreeTop Sky Resto (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Tiket Masuk dan Biaya Aktivitas di Kopeng TreeTop

Harga tiket masuk di Kopeng TreeTop: Rp 80.000 /orang.

Tiket ini sudah termasuk:

  • Kendaraan berupa mobil wara wiri milik pengelola yang akan mengantarkan kita dari area parkir ke area outbound.
  • Tiket masuk
  • Dan pilihan 1 permainan senilai Rp 60.000 atau 1 menu makanan
Kantor Pembelian Tiket Aktivitas Sekaligus Persiapan Outbound (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Untuk aktivitas tambahan kurang lebih gambaran harganya seperti di bawah:

  • TreeTop dewasa: Rp 200.000 /2 jam
  • TreeTop anak: Rp 140.000 /2 jam
  • Aktivitas TreeTop family: Rp 540.000 /2 jam untuk 2 orang dewasa dan 2 orang anak
  • SkiBan: Rp 60.000 /2 kali meluncur
  • ATV circuit: Rp 60.000
  • Zipcoaster: Rp 100.000

Untuk selengkapnya dapat diakses melalui situs resmi Kopeng TreeTop di sini ya teman-teman.

Selain itu, di Kopeng TreeTop ternyata juga ada fasilitas glamping dan camping lho. Jadi jika ingin mendapatkan pengalaman lebih tidur di hutan pinus, teman-teman bisa coba berkemah di sini.

Menghidupkan Mata Pencaharian Penduduk Sekitar

Sore hari setelah selesai menjelajah dan menuju ke mobil, kami pun tiba-tiba dipertemukan dengan banyak penduduk lokal di area parkir. Mereka yang rata-rata para ibu bahkan usia lanjut berusaha menawarkan hasil kebunnya kepada kami. Dari wortel, kol, hingga aneka sayur mayur lainnya dibawa dalam keranjang atau ember. Segar-segar sekali.

Jadi jika nanti teman-teman berkesempatan mampir ke sini, jangan lupa dibeli ya hasil kebun mereka 🙂 Karena membayangkan usaha yang sudah mereka lakukan untuk melariskan dagangannya, sepertinya memang sangat layak diapresiasi lebih.

21 thoughts on “Berpetualang di Hutan Pinus Kopeng, Semarang

  1. Sama seperti Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung, ke lokasi di dalam area cukup jauh jadi diantar menggunakan kendaraan wara wiri milik pengelola. Kalau di Kopeng ini lebih seru ya banyak permainan yang bisa bikin kita bergerak dan berpikir. Gak cuma melihat pemandangan dan foto Selfi saja.
    Semoga suatu saat bisa main ke Kopeng
    Saya bayangkan isa berkemah di sana. Hehehe

  2. Sudah pernah dengar sih tentang lokasi wisata ini, tapi belum sempat mampir, next kalau pulang kampung ke Jawa Timur, mau mampir di beberapa destinasi wisata Semarang ah kayaknya seru dan cocok banget buat anak-anak.

  3. Selain menikmati permainan, terakhir bisa berbelanja sayur dari hasil tanam warga sekitar.
    MashAllah, wisata Hutan Pinus Kopeng, Semarang ini merupakan wisata berkelanjutan yang melibatkan warga sekitar untuk berkontribusi dan mendapatkan penghasilan lebih baik.

    Gak kebayang banget makan di TreeTop Sky Resto.
    Aiih~
    Cakep banget yaah..

    1. Perjalanan dari Yogya-nya agak lumayan Mbak, sekitar 2 jam dengan mobil. Dan ada beberapa ruas jalan yang kadang tidak mulus. Tapi di lokasi pantainya cukup nyaman kok Mbak. Banyak pondok untuk istirahat yang bisa disewa, kamar mandi juga dimana-mana. Baiknya sampai di sana siang, jadi sudah bisa bermain di area pantainya.. 🙂

  4. Belum pernah kesana tapi setidaknya dengan membaca tulisan mbak jadi kaya masuk kesana. Suka sekali dengan tulisan bloger yang menceritakan suatu tempat. Dengan membacanya, kita eksplorasi didunia aksaranya🤗

  5. Wah seru ini kalau jalan jalan ke hutan Pinus kopeng ini.

    Sekarang makin banyak ya destinasi wisata di Semarang
    Jadi pengen ke Semarang deh

  6. Wah, asyiknya berwisata keluarga di hutan Pinus seperti Kopeng Tree Top ini. Saya baru baca tentang ini di postingan Mbak ini. Rekomendid sekali emang untuk keluarga. Anak saya yang kinestetik pasti cocok kalau ke sini.
    Insyaallah, bisa jadi destinasi saya nih kalau pas ke Jateng. Nice info!

  7. Waktu saya mampir ke Kopeng, sudah sore mbak, jadi sudah tutup. Itu sudah lama sih, beberapa waktu lalu sebelum pandemi. Ternyata banyak permainan yang menyenangkan ya. Kegiatan di alam seperti ini bisa membuat anak2 betah dan tertantang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *